Ada yang baru nih... !Klik Disini

Gabung Grup WHATSAPP Bahasa JepangGabung

Belajar Bahasa Jepang : Penjelasan Penggunaan Partikel dan Contoh Kalimat

partikel bahasa jepang belajar bahasa jepang bahasa jepang dasar cara belajar bahasa jepang buku bahasa jepang
JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」
Halo jo, Sebenarnya Partikel bahasa Jepang itu seperti apa sih ? lalu apa fungsi partikel dalam bahasa Jepang? mari kita belajar sedikit tentang bahasa Jepang, kali ini Jokkajo akan membahas tentang partikel .

Partikel yang saya maksud diatas adalah antara lain /wa, /wo(o), /no, /e, /ni, /de, /ga, dan tentunya masih ada yang lainnya lagi yang sering dijumpai dalam bahasa Jepang sehari-hari. umumnya partikel yang paling sering adalah partikel yang sudah disebutkan diatas. 

Untuk partikel /wa, /wo(o), /no, /e, /ni, /de, /ga, ini memiliki fungsi dan arti yang berbeda-beda pula sesuai dengan situasi, kondisi dalam penggunaannya, bahkan satu partikel dapat mempunyai kegunaan atau arti lebih dari satu saja loh jo. Oleh karena itu kita harus lebih memahami arti/maksud dalam sebuah kalimat agar kita tidak salah menggunakan partikel tersebut didalam sebuah kalimat. 

Bagi yang baru belajar ini lumayan sulit dan membingungkan, saya pun diawal belajar bahasa Jepang merasa sangat sulit dalam memahami fungsi masing-masing partikel. Walaupun tergopoh-gopoh akhirnya bisa dipahami satu persatu. Intinya semangat dalam memahami. Bagi yang belum hapal huruf Jepang, baca tips cara cepat menghafal huruf Jepang

Partikel bahasa Jepang berguna untuk menunjukkan waktu, arah, tempat, dan sebagainya. Partikel bahasa Jepang akan menentukan struktur dari suatu kalimat. Dengan adanya partikel maka kita akan sangat mudah memahami makna dalam bahasa Jepang. Namun dalam percakapan sehari-hari (日常会話/Nichijhou Kaiwa) terkadang partikel tidak digunakan lagi, dengan alasan mempersingkat ucapan. Kecuali dalam penggunaan secara resmi akan lebih sopan jika dilengkapi partikel.

Daftar Partikel Dalam Bahasa Jepang

Partikel /wa

Partikel は berfungsi sebagai penanda Subjek dari sebuah kalimat atau ucapan. Partikel /wa dalam kalimat berarti "adalah", tetapi partikel /wa bisa saja tidak memiliki arti apapun melainkan hanya berfungsi sebagai pelengkap saja dalam sebuah kalimat. Partikel ini tidak dibaca HA melainkan WA

Contoh Kalimat Partikel は / Wa

  • わたし は ジョッカ です/ watashi wa jokka desu artinya "saya adalah jokka." 
わたし/watashi = saya, /wa = adalah, ジョッカ/Jokka= Jokka/nama (Bisa diganti dengan nama siapapun), dan です/desu adalah bentuk kata sopan (ていねい) dalam sebuah kalimat, Maka kalimat diatas bisa diartikan dengan saya adalah Jokka.
  • いまはそのみちがじゅうたいになります/ ima wa sono michi ga jhuutai ni narimasu artinya "Saat ini jalan itu menjadi macet. "
Dapat dilihat bahwa fungsi partikel は tidak mengartikan adalah, akan tetapi menunjukkan kata keterangan "sekarang" sebagai pokok pembicaraan.

Partikel /wo(o)

Partikel /wo(o) adalah partikel yang merujuk pada penggunaan kata kerja dan kata benda secara bersama-sama, arti sederhananya adalah penyambung antara kata benda dan kata kerja. Dalam bahasa sehari hari tanpa partikel を sebuah kalimat bisa langsung dipahami dengan mudah.

Contoh Kalimat partikel /wo(o)

  • わたしはさくぶんをかきます / Watashi wa sakubun wo kakimasu artinya "saya menulis karangan"
  • おきゃくさんはこうちゃをのみます / okyaku san wa koucha wo nomimasu artinya "tamu minum teh"
  • わたしはぼうしをかぶります / Watashi wa boushi wo kaburimasu artinya "Saya memakai Topi"
Pada contoh kalimat partikel wo diatas dapat dipahami bahwa partikel wo menjadi penghubung kata kerja dan kata benda. kata kerja selalu berada di ujung kalimat.

Partikel の/No

Partikel の adalah partikel yang menandakan kepemilikan, dimana subjek yang diikuti partikel no lalu terdapat kata benda, maka benda tersebut menjadi milik dari subjek. Jangan sampai tertukar ya jo.. ingat pola nya  Subjek + の +  Objek  berbeda dengan bahasa Indonesia yang menyebutkan objek terlebih dahulu. bingung? lihat contoh kalimatnya untuk memudahkan pemahaman. 

Contoh Kalimat partikel の

  • わたしにのなまえはジョッカです / Watashi no namae wa Jokka desu artinya "nama saya adalah jokka ". partikel の menandakan kepemilikan nama adalah kepunyaan dari subjek.
  • あなたのうちはどこですか / Anata no uchi wa doko desuka artinya "Rumah anda dimana?" partikel の menunjukkan kepemilikkan rumah yang ditanyakan adalah milik subjek.
  • あなたのこころのなかにだれがいますか / anata no kokoro no naka ni dare ga imasuka artinya "Di dalam hati anda ada siapa?" atau diartikan bebas "siapa yang ada dalam hatimu?" jangan bingung karena partikel の ada 2 dalam 1 kalimat, itu menandakan kata naka (dalam) adalah keadaaan kokoro atau hati, sedangkan hati yang dimaksud adalah milik anata atau subjek.
  • あのがくせいはどこいくの/Ano gakusei wa doko iku no Artinya siswa itu akan pergi kemana? Fungsi partikel の dalam kalimat ini menjadi seperti kata tanya, dengan ketentuan berada di akhir kalimat dan sebelumnya terdapat kata kerja bentuk kamus atau bentuk biasa.

Partikel /e

Partikel /e menunjukkan arah suatu pergerakan atau digunakan pada kalimat yang didalamnya terdapat kata いきます/ ikimasu = pergi, かえります/ kaerimasu = pulang, dan きます/ kimasu = datang. Partikel ini dibaca 'e', bukan 'he'. Dalam bahasa Indonesia kita mengartikannya dengan 'ke'

Contoh kalimat partikal へ

  • わたしはゆうびんきょくいきます/ Watashi wa yuubinkyoku he ikimasu Artinya 'saya pergi ke kantor Pos'. Pergerakan subjek menuju kantor pos dan menggunakan kata kerja ikimasu maka partikel yang tepat adalah へ. 
  • らいねんともだちはくにかえります/ rainen tomodachi wa kuni he kaerimasu artinya 'tahun depan teman saya akan pulang ke tanah air' karena ada perpindahan dan juga terdapat kata kerja kaerimasu maka sudah pasti ada partikel へ.
Selain Partikel /e, partikel /ni juga bisa digunakan pada kalimat yang didalamnya terdapat kata いきます/ ikimasu = pergi, かえります/ kaerimasu = pulang, dan きます/ kimasu = datang. Memiliki fungsi yang sama namun terbatas pada kata tertentu saja. 

Partikel に/ni

Partikel に/ni berfungsi atau digunakan untuk menyatakan tempat, waktu atau suatu posisi.

Contoh kalimat partikel に

  • じむしょはさんがいあります/Jimusho wa san gai ni arimasu Artinya "Kantor ada di  lantai 3" Hal ini menunjukkan bahwa partikel に berfungsi sebagai pemberi tahu tempat yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia ialah "di"
  • がくせいはしちじにがっこうにいきます/Gakusei wa shichi ji ni gakkou ni ikimasu Artinya "siswa pergi ke sekolah pada pukul 7" nah dalam kalimat ini terdapat dua partikel に yang memilki arti dan fungsi berbeda. に yang pertama berfungsi sebagai penunjuk waktu yang berarti 'pada', sedangkan に yang kedua menunjukkan arah perpindahan.

Partikel で/de

Partikel で/de memiliki arti ‘dengan menggunakan’ dan bisa juga digunakan untuk menyatakan tempat, harga, dan juga bahasa.

Contoh kalimat partikel で

  • くるまでかいがんにいきます/ Kuruma de kaigan ni ikimasu Artinya "pergi ke pantai menggunakan/dengan mobil". Fungsi partikel で dalam kalimat ini ialah menunjukkan penggunaan suatu benda. jika diartikan menjadi 'menggunakan' atau 'dengan'.
  • がいじんはにほんごでしゃべります/ Gaijin wa nihonggo de shaberimasu Artinya "Orang asing berbicara dengan bahasa Jepang" 
  • あのかばんはひとつで3500円です/ ano kaban wa hitotsu de sanzen go hyaku en desu Artinya "Tas itu 1 buah seharga 3500 yen". Fungsi partikel で menunjukkan harga,
  • ジョッカさんはひろばではうんどうします/Jokka san wa hiroba de undoushimasu Artinya Saudara Jokka berolahraga di lapangan. Fungsi partikel で yang berarti 'di', menunjukkan suatu aktifitas yang sedang berlangsung. 

Partikel が/ga

Partikel が berfungsi sebagai penegasan dalam suatu kalimat atau ucapan. Terdapat fungsi lain yakni memberikan arti 'tetapi' dan juga melengkapi suatu kalimat tanya agar lebih sopan, kemudian sering diikuti oleh kata kerja あります/います.

Contoh kalimat partikel が

  • ともだちはあたまがじょうずです/ tomodachi wa atama ga jouzu desu Artinya 'teman saya pandai.' Sebuah penegasan terhadap kemampuan dari seseorang, sehingga ungkapan seorang teman menjadi lebih tinggi
  • きょうしつにせんせいがいません/ Kyousitsu ni sensei ga imasen Artinya 'Di kelas tidak ada guru'. partikel が yang diikuti oleh kata kerja います. Juga memiliki makna penegasan.
  • すみませんが、あのかたはどなたですか/ Sumimasen ga, ano kata wa donata desuka Artinya 'Maaf, orang (beliau) itu siapa? Disini partikel が menunjukkan bentuk sopan dalam bertanya. 'ano kata' adalah bentuk sopan dari 'ano hito',  sedangkan 'donata' adalah bentuk sopan dari 'dare'.
Itulah partikel dalam bahasa Jepang yang perlu kamu pelajari guna memahami bahasa Jepang dasar bagi pemula. semangat belajar がんばってください、読んでくれてありがとうございます。

Lihat buku bahasa Jepang Level N5, N4, N3 Pdf sebagai penunjang dalam belajar bahasa Jepang.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat. 

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

___________________________________
Baca Artikel Islami di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_ 
Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••