Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyetel Keyboard Huruf Jepang Di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Keyboard

「Assalamualaikum」- Halo jo, artikel tentang Jepang Lagi nihh, kali ini sedikit trik sederhana yang mudah-mudahan bermanfaat untuk kamu semua. Pernah ga sih dapat pesan singkat dari teman dengan tulisan jepang?

Just for information nih bahwa Jepang itu menggunakan 3 jenis huruf yang berbeda. Pertama huruf hiragana yang digunakan untuk menulis kata dalam bahasa Jepang, kedua huruf katakana yang penggunaannya hampir sama dengan huruf hiragana, tapi huruf katakana lebih sering digunakan untuk menulis nama orang asing, kata serapan dalam bahasa jepang, nama negara asing dan juga kata-kata tiruan bunyi dalam bahasa jepang atau disebut onomatope, Ketiga adalah huruf kanji yang digunakan untuk mempersingkat kata tertentu.

Membuat tulisan dengan huruf hiragana atau katakana dengan keyboard HP emang bisa? Jawabannya bisa, kamu hanya perlu melakukan beberapa setelan di handphone untuk dapat mengatifkan keyboard huruf jepang.

Kali ini saya praktekkan lewat HP Realme C20. Mudah-mudahan semua HP bisa menerapkan cara ini karena pernah diterapkan di HP Redmi 6A. Langsung ke tutorialnya,

  • Buka Menu Setting atau Pengaturan yang ditandai dengan icon Gir

Semua jenis Handphone pasti memiliki fitur ini untuk menyetel fitur lainnya di HP tersebut

  • Lalu pilih Setelan Tambahan (Additional Setting) atau pilih Setelan Bahasa & Masukan (Language & Input) jika tidak terdapat menu bahasa & masukan di awal tampilan Pengaturan.

  • Pilih Keyboard & Metode Input

  • Pilih Gboard atau Keyboard Tersedia atau Manage Keyboard

  • Setelah itu pilih Tambahkan Keyboard

  • Pilih Bahasa yang akan ditambahkan, karena ingin menambahkan huruf Jepang maka pilih Jepang atau 日本語

  • Lalu pilih Selesai atau Simpan

 Keyboard Huruf Jepang sudah siap digunakan, untuk tampilan Qwerty bisa di setel pada saat sebelum disimpan atau pada saat menggunakan keyboard klik bagian pojok kiri bawah biasanya ditandai dengan tombol iniあA1.

Keyboard ini bisa digunakan bersamaan dengan keyboard Indonesia normal, jika ingin mengganti cukup klik tombol yang berbentuk icon browser atau globe.

Itulah trik sederhana untuk mengaktifkan keyboard huruf Jepang lewat HP Android, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik. Silahkan berkomentar jika kurang berjalan.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, baca juga artikel menarik lainnya.

Tonton videonya disini



Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

Posting Komentar untuk "Cara Menyetel Keyboard Huruf Jepang Di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan"

jokkajo