Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Cepat Mengafal Huruf Jepang Dalam 6 Hari

「Assalamualaikum」-  Halo jo, Untuk mempelajari bahasa jepang tentunya kamu harus menguasai huruf jepang yang terdiri dari huruf hiragana, huruf katakana dan huruf kanji Jepang yang begitu banyak.

Huruf Hiragana dan Huruf Katakana masing-masing terdiri dari 46 karakter huruf dasar, iya itu jumlah huruf yang kamu harus hafal jika ingin lancar membaca dan menulis bahasa jepang.

Lalu bagaimana cara cepat agar bisa menghafal huruf jepang? Sangat mudah jika kamu memiliki niat dan semangat untuk belajar.
Foto : Huruf Jepang, By Japanestation.com

Lewat tulisan ini JokkaJo.Com ingin berbagi tips cepat menghafal huruf jepang tidak lebih dari 1 minggu kamu bisa lancar membaca dan menulis huruf Jepang khususnya untuk huruf hiragana dan katakana.

Huruf kanji Jepang memiliki level kesulitan yang lebih tinggi, jadi untuk huruf kanji saya buatkan di tulisan berikutnya.

2 Tips Cepat Menghafal Huruf Jepang

1. Hafalkan cara baca huruf hiragana dan huruf katakana

Untuk hari pertama kamu jangan dulu memikirkan bentuk hurufnya yang sangat sulit untuk diikuti, pada tahap ini kamu harus menghafalkan cara baca dari 46 huruf dasar hiragana dan 46 huruf dasar katakana.

Berikut 46 huruf dasar hiragana, cara baca sesuai dengan yang tertulis


(a), (i),  (u),(e), (o)
(ka),  (ki),  (ku),  (ke),  (ko)
(sa),(shi),(su),(se), (so)
(ta),  (chi), (tsu),  (te),  (to)
(na), (ni), (nu), (ne), (no)
(ha),  (hi),  (fu),  (he),  (ho)
(ma), (mi), (mu), (me),  (mo)
(ra),  (ri),  (ru),  (re),  (ro)
(ya), (yu), (yo)
(wa),  (wo)
(en/n)

46 huruf hiragana dihafal penyebutannya sambil dihafal bentuknya, kamu bisa menggunakan kartu untuk menghafalnya agar lebih cepat. Untuk menhafal huruf hiragana dengan teknik ini kamu bisa lakukan dalam 1 hari bersamaan dengan huruf katakana.

Berikutnya 46 Huruf Katakana yang harus dihafal di hari kedua, tinggalkan sejenak hafalan huruf hiragana yang sudah mantap, sekarang fokus menghafal huruf katakana.

Fungsi huruf katakana adalah untuk menulis kata serapan asing, nama orang asing, kata tiruan bunyi dan kata asli jepang yang memiliki penekanan ketika diucapkan.

(a), (i), (u),  (e), (o)
(ka), (ki), (ku), (ke), (ko)
(sa),  (shi),  (su) , (se),  (so)
(ta), (chi), (tsu), (te), (to)
(na),  (ni),  (nu),  (ne),  (no)
(ha), (hi), (fu), (he), (ho)
(ma),  (mi),  (mu),  (me),  (mo)
(ra), (ri), (ru), (re), (ro)
(ya),  (yu),  (yo)
(wa), (wo)
(en/n)

Hafalkan huruf katakana dalam 1 hari sampai benar-benar lancar.

Teknik menghafalnya adalah menyebutkan cara bacanya sambil ditunjuk atau dilihat hurufnya. Lakukan dengan berulang-ulang hingga hafal bentuk dan cara baca hurufnya, gunakan ingatan bantu untuk menandai huruf yang hampir mirip bentuknya, contohnya huruf ぬ (nu) dan ね (ne) yang sekilas hampir sama bentuknya maka gunakan ingatan bantu seperti huruf nu garis awalnya miring sedangkan huruf ne diawali garis tegak.

Dihari ketiga kamu silahkan uji diri sendiri dengan kartu yang menampilkan huruf hiragana dan katakana sambil menyebutkan cara baca huruf tersebut, lakukan hingga tidak salah menyebutkan cara baca huruf hiragana maupun katakana.

2. Belajar Menulis Huruf Hiragana Dan Katakana

Pada hari ke empat kamu harus bisa menulis huruf hiragana sesuai kaidah penulisannya, tipsnya harfalkan satu persatu hurufnya, misal huruf あ, ulangi penulisan huruf tersebut sebanyak 100 kali.

Bersikaplah merendah dengan belajar satu persatu sampai hafal, jangan melangkahi huruf yang masih sering salah penulisannya. Pastikan 46 huruf hiragana telah ditulis dengan baik dan benar.

Dihari ke lima kamu mulai menulis huruf katakana sesuai kaidah penulisan huruf katakana yang benar, lakukan hal yang sama seperti huruf hiragana yakni tulis masing-masing huruf sebanyak 100 kali.

Jujur pada diri sendiri akan membuat kamu sukses menghafal dan menulis huruf jepang. Dihari ke enam kamu baca huruf yang telah kamu tulis sebanyak 100 kali tersebut dan mulailah merangkai kata dalam bahasa jepang dengan huruf hiragana dan katakana.

Lakukan latihan rutin dan berkala untuk mengasa kemampuan menulis dan membaca huruf Jepang. Tetap semangat untuk belajar bahasa Jepang

Ingatlah penggunaan huruf katakana yang sudah saya sebutkan di awal tulisan ini

Itulah cara cepat menghafal huruf jepang atau alphabet Jepang kurang dari 1 minggu. Dengan menerapkan tips ini kamu bisa menulis dan membaca huruf jepang.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada sesama teman yang belajar bahasa Jepang.

Wassalamualaikum

Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

Posting Komentar untuk "Begini Cara Cepat Mengafal Huruf Jepang Dalam 6 Hari "

jokkajo