Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Menambahkan Link Aktif Di Tulisan Pada Microsoft Word dan Kegunaannya


JOKKAJO.COM
「Assalamualaikum」
Halo jo, Membuat tulisan atau karya ilmiah pasti membutuhkan referensi baik dari buku,  karya tulis orang lain atau bahkan dari dokumen yang di publikasikan ke internet. Dalam penulisan daftar pustaka maka diwajibkan mencantumkan sumber yang jelas.

Untuk kutipan dari internet pada umumnya mencantumkan link situs dimana kita mengambil kutipan sebagai pelengkap tulisan yang sedang di susun, sehingga tidak melakukan pelanggaran plagiasi dalam membuat sebuah karya tulis.  Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen telah menyediakan berbagai fitur canggih yang memudahkan pengetikan.

Penulis biasanya menambahkan link aktif tersebut pada kalimat atau kata yang memiliki kutipan, pada teks dalam bentuk softcopy biasanya ditandai dengan tulisan berwarna biru. Nah bagaimanakah cara membuat link aktif seperti itu di microsoft word?

Kegunaan link aktif dalam sebuah dokumen word adalah untuk memudahkan dalam pengecekan kutipan, sehingga ketika teks yang mengandung link di klik maka akan mengarahkan ke situs dimana kita mengambil kutipan tersebut. Hal ini berlaku jika mengambil kutipan dari internet.

Berikut jokkajo membagikan cara untuk menambah link aktif pada teks di microsoft word

1. Setelah teks selesai diketik, silahkan pilih atau blok teks atau kalimat yang ingin diberikan link aktif. Cara blok teks di word adalah dengan cara tahan klik kiri lalu geser kursor ke arah teks yang ingin di blok

photos
 

 2. Lalu pilih menu Insert , kemudian klik icon Hyperlink

 

photos

 3. Lalu akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini 

photos

Pada kotak dialog ini kamu bisa langsung paste link situs kutipan di bagian address jika link tersebut sudah tersimpan, kamu juga bisa menggunakan pilihan browse the web yang ditandai kotak merah kecil jika belum menyimpan link tersebut.

4. Pastekan link pada kotak isian address lalu pilih ‘ok

 

photos

 

 Maka hasilnya akan tampil seperti berikut ini

photos
 

Itulah cara mudah untuk menambahkan link aktif pada teks dokumen di microsoft word, selamat mencoba dan selamat membuat tulisan yang bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat. 

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

___________________________________
Baca Artikel Islami di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_ 



Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menambahkan Link Aktif Di Tulisan Pada Microsoft Word dan Kegunaannya"

jokkajo