Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Cepat Membuat Makalah Segala Jurusan

「Assalamualaikum」- Halo jo, siapa nih yang suka kesulitan dalam membuat makalah untuk tugas kuliah? Mahasiswa atau akademisi pasti tidak asing dengan istilah bentuk tulisan yang satu ini.

Makalah sebagaimana artinya yaitu tulisan mengenai suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibaca di muka umun, di dalam sidang, atau dengan tujuan untuk diterbitkan.

Berbagai macam jenis makalah ditulis dan dipublikasikan di muka umum dengan latar atau alasan dibalik penulisan yang tentu berbeda

Nahh untuk kamu yang notabene adalah seorang mahasiswa, pastinya sering mendapat tugas untuk membuat makalah tentang suatu hal yang berkaitan dengan perkuliahan.

Ditengah pandemi pembelajaran online pun sering dilakukan, dosen yang terkadang hanya menjelaskan bagian terkecil dari pelajaran mengharuskan mahasiswa menjadi mandiri lewat tugas yang diberikan. Dengan tugas makalah mahasiswa diharapkan dapat melakukan pendalaman materi secara mandiri.

Makalah antar jurusan bidang studi tentu berbeda, akan tetap dalam hal penyusunan tidak begitu memiliki perbedaan karena memang struktur makalah tidak begitu rumit

Untuk membuat makalah berbagai jurusan dengan cepat, jokkajo.com membagikan tips agar dapat membantu pembuatan makalah


Tentukan Tema Atau Judul Makalah

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan tema atau judul makalah yang akan dibuat, biasanya disesuaikan dengan disiplin ilmu yang ditekuni

Seorang mahasiswa kebidanan pasti materi makalahnya tidak jauh dari hal-hal tentang kesehatan, persalinan, kesehatan ibu dan anak atau kesehatan reproduksi. Sedangkan mahasiswa hukum sudah pasti akan membuat makalah tentang hukum, baik hukum pidana, perdata atau tata negara.

Buatlah judul yang benar-benar merangkum segala hal di dalam makalah nanti, dalam beberapa buku tentang penulisan karya ilmiah judul seringkali diletakkan pada poin terakhir setelah tulisan selesai. Sehingga judul akan benar-benar mewakili tulisan, akan tetapi saya pribadi lebih condong menentukan judul terlebih dahulu.

Tergantung kamu mau menentukan judul terlebih dahulu atau belakangan, namun untuk tema wajib ditentukan terlebih dahulu sebagai arah penulisan makalah.

Judul yang baik tidak lebih dari 15 kata dan tidak kurang dari 5 kata, jadi sesuaikan judul diantara jumlah kata tersebut. Tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang, maka pilihlah kata yang tepat untuk menjadi sebuah judul makalah

Baca Juga : Hal Yang Harus Dilakukan Maba Pertama Kali

Buat Kerangka Utama Makalah

Setelah mendapatkan judul, kamu harus membuat kerangka makalah yang terdiri atas pendahuluan, pembahasan atau isi dan penutup.

Bagian Pendahuluan berisi tentang latar belakang penulisan makalah, maka dapat dijelaskan latar belakang permasalahan dan tujuan pemecahan masalah

Sedangkan pembahasan atau isi merupakan pokok utama dalam makalah yakni berisi penjelasan secara terperinci dari permasalahan yang dimaksud pada pendahuluan

Untuk itu buatlah bentuk poin - poin utama yang akan dibahas dalam makalah.  Tentukan lebih dari 5 poin penting dalam isi makalah, sehingga akan terlihat arah penulisan makalah

Pada bagian penutup berisi kesimpulan yang menjadi akhir dari makalah yang dibuat, bagian ini merupakan bagian terakhir jadi tidak perlu dipikir terlalu rumit. Karena akan mengikuti pembahasan atau isi.

Pada tahap ini kamu hanya perlu menentukan kerangka dan poin utama saja, pikirkan secara matang poin mana yang sebaiknya di gunakan.

Siapkan Literatur

Setelah kerangka dan poin utama ditentukan, selanjutnya menyiapkan literatur atau referensi yang akan digunakan, carilah literatur yang sangat berhubungan dengan isi makalah.

Poin utama yang ada di bagian pembahasan itulah yang menjadi patokan dalam mencari literatur, literatur dapat berasal dari buku, artikel, makalah yang ditulis oleh orang lain, berita, karya ilmiah lainnya dan internet.

Baca Juga : Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Lulus S1 

Melengkapi Dan Mengisi

Langkah berikut setelah literatur siap adalah melenhkapi dan mengisi poin utama tadi dengan data pada literatur.

Misal bagian yang berisi pengertian, isilah dengan pengertian yang didapat dari buku atau internet tanpa melupakan sumber agar lebih menghargai karya orang lain.

Untuk memudahkan pemindahan data dari buku ke makalah bisa menggunakan aplikasi voice to text, sehingga akan lebih cepat dan praktis. Hanya dengan membaca buku yang digunakan akan menyalin kalimat yang diucapkan menjadi tulisan, untuk aplikasi kamu bisa browsing di mesin pencarian.

Baca Juga : Jangan Takut Bermimpi Terlalu Besar 

Penataan

Penataan dilakukan setelah semua bagian terisi dengan sempurna, tata makalah dengan ketentuan penulisan yang baik

Seperti menyesuaikan jenis huruf standar yaitu Times New Roman atau Calibri dengan ukuran umum 12, Ukuran margin atas 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, dan bawah 3 cm. Paragraf justify atau rata penuh merupakan bentuk paragraf yang umum dalam aturan penulisan karya ilmiah. Sedangkan ukuran kertas adalah A4.

Pengecekan

Untuk menghindari kesalahan dalam penulisan makalah maka harus dilakukan pengecekan terakhir, pengecekan dilakukan dengan membaca sekilas setiap halaman sambil memperhatikan metode penulisan yang keliru.

Jika telah benar, maka makalah kamu telah siap untuk dipublikasikan atau dilaporkan kepada dosen jika itu adalah tugas kuliah.

Itulah tips cepat menyelesaikan makalah, semoga dapat diaplikasikan dalam menjalani keseharian sebagai mahasiswa. Cara ini juga dapat diaplikasikan dalam penyusunan Artikel, Proposal, Skripsi, Tesis ataupun Disertasi.

Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

Posting Komentar untuk "Tips Cepat Membuat Makalah Segala Jurusan"

jokkajo