Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Blog Bisa Lulus Peninjauan Google Adsense, Begini Proses Dan Tipsnya


Gambar email adsense

「Assalamualaikum」 - Halo jo, hari ini Minggu, 29 Agustus 2021 akhirnya situs saya jokkajo.com diterima peninjauan adsense google. Artinya situs ini mulai menampilkan iklan sebagai penghasilan tambahan dari artikel yang ditulis di situs ini.

Lewat artikel ini saya ingin berbagi pengalaman kepada teman sesama blogger untuk dijadikan perbandingan ataupun referensi dalam membangun sebuah situs blog.

Awal Mula Membangun Blog

Saya mulai membangun situs ini sejak bulan Juli 2019, bisa dilihat dari postingan pertama saya dipublikasikan tanggal 15 Juli 2021 sebagai postingan awal dan perkenalan terhadap diri saya sendiri.

Karena dengan latar belakang hobi menulis menjadi salah satu alasan saya merintis blog pribadi sebagai wadah saya meluangkan pemikiran ataupun suatu bentuk tanggapan terhadap dinamika sosial, daripada berkoar-koar di story WA dan yang melihat hanya orang terdekat saja, makanya lebih pas jika apa yang menjadi buah pikir ditampilkan dalam sebuah tulisan blog agar dapat dibaca oleh orang banyak.

Perlahan-lahan membuat artikel, dengan niche awal tentang Jepang. Makanya diawal situs ini saya pakai jokkajapan.blogspot.com sebagai nama blog. Tapi seiring berjalannya waktu saya sulit untuk bertahan pada satu niche saja, sehingga membuat artikel secara bebas. Nama blog saya persingkat menjadi JokkaJo saat mengganti domain ke dua.

Selain menambah artikel saya juga mulai memperhatikan tampilan blog agar lebih menarik, mulai dari mengatur tata letak di tema bawaan blogger. Sebagai blogger pemula tentunya hal ini sangat sulit, tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya, saya berusaha mempelajari lewat tulisan artikel dan juga melihat panduan di video youtube tentang blog.

Menggunakan Template Gratisan

Agar terlihat menarik maka saya harus mengganti template, mulailah mencari template gratisan di beberapa situs yang memberikan info tentang template. Saya tertarik dengan tampilan template Button yang terlihat klasik tapi tetap elegan.

Tampilan template button
Tampilan Template Button

Template ini menjadi hiasan tampilan blog saya sekitar 1 tahun sejak bulan agustus 2019 hingga agustus 2020, dalam beberapa artikel menyebutkan bahwa template berpengaruh pada kelancaran blog seperti responsive, Search Engine Optimization (SEO). Karena hanya template gratisan maka layanan yang kita perlukan tidak tersedia, saya belum paham dengan apa yang dimaksud SEO makanya saya bertahan cukup lama dengan template button, padahal template button versi gratis tidak mendukung optimasi pencarian oleh mesin pencari.

Walaupun tidak didukung SEO, saya belajar banyak di template button. Salah satunya menyetel menu navigasi agar dapat memudahkan pengguna. Menambahkan beberapa situs yang berkaitan dengan niche awal blog, tapi agak rumit karena harus menyetel kode html dan itulah satu hal yang sangat sulit bagi saya.

Belum Paham SEO Dan Kata Kunci

Sebagai blogger pemula yang berlatar belakang hobi tidak terlalu memikirkan apa itu SEO ataupun Responsive tampilan blog. SEO jika diterjemahkan secara bebas adalah trik agar meningkatkan atau mengoptimisasi trafick pengunjung berdasarkan hasil pencarian google sebagai mesin pencari terkemuka.

Saya hanya berpikir bagaimana saya harus bisa terus menulis di blog ini, tapi saya mulai berpikir kok statistik blog tidak bertambah. Ternyata jawabannya adalah SEO dan kata kunci, kata kunci yang kita gunakan haruslah kata yang paling sering digunakan di mesin pencari sehingga ketika kata tersebut di telusuri dapat menampilkan pula artikel blog kita yang berkaitan.

Saya mulai mempelajari SEO sedikit demi sedikit dan secara otodidak, memang sulit bagi pemula seperti saya. Terus belajar hingga kini dan sampai kapanpun.

Mengganti Domain .my.id

Domain adalah satu kata yang sulit saya pahami sejak mulai menulis di blog, tidak paham apa itu domain dan apa fungsinya. Lewat membaca artikel saya paham apa itu Domain, makanya di tanggal 27 September 2020 atau di umur blog berkisar 2 bulan saya membeli domain di salah satu situs penyedia domain.

Membeli domain murah seharga Rp. 10K untuk masa aktif 1 tahun, yaitu domain .my.id. Menjadi pelengkap nama situs jokkajapan.my.id sekitar 11 bulan lamanya. Dengannya tampilan nama situs menjadi sedikit ringkas dibanding sebelumnya yang masih nempel di domain blogspot.com.

Mengganti Domain .Com

Tanggal 18 Juli 2021 saya memutuskan untuk mengganti domain dari .my.id ke .com sehingga situs saya resmi berganti nama menjadi jokkajo.com sejak tanggal 18 Juli 2021.

Saya membeli domain .com dengan masa aktif 5 tahun seharga Rp. 488.500 di salah satu situs penyedia domain terkemuka, dari harga awal di tambah ID Protection seharga Rp. 145.000 menjadi Rp. 633.500 yang kemudian ditambah pajak 10%, maka saya membayar seharga Rp. 696.850 untuk domain .com selama 5 tahun kedepan hingga 2026.

Beralih domain bukan hal yang mudah, karena kita akan kehilangan pengunjung yang tau domain awal, semua link yang pernah saya share ke teman terdekat menjadi tidak berfungsi karena tidak sesuai lagi dengan domain terbaru.

Kenal Google Search Console

Berkenalan dengan Google Search Console baru saya lalui setelah sering ditolak, saya mulai mempelajari Google Search Console di bulan Juli lewat artikel yang membahas tentang itu, bisa dilihat dari postingan saya tentang cara cepat terindex oleh google tanggal 27 Juli 2021, setelah berhasil mempraktekkannya saya berbagi lewat artikel sederhana.

Saya mengindex satu persatu artikel yang tidak ditemukan di google dan menonaktifkan robot txt. custom di setelan blog.

Hingga tanggal 27 Agustus 2021 saya telah berhasil mengajukan pengindexan seluruh artikel saya agar bisa muncul pada pencarian google.

Pengajuan Adsense

Ini adalah pokok dari artikel ini, cerita dibalik diterimanya situs saya sebagai partner google yang tidak semudah membalikkan telapak tangan, seperti nembak seseorang yang kita suka namun ditolak mentah-mentah.

Sejak blog berumur 2 bulan atau sekitar bulan agustus 2020 saya pernah mencoba mengajukan adsense namun ditolak karena minim artikel.

Email
Penolakan Perdana 22 Agutus 2020

Ketika mendapat email penolakan saya langsung mengajukan lagi di hari yang sama, kemudian mendapat balasan 3 hari kemudian di tanggal 25 Agustus. Tanpa memperbaiki apa yang menjadi alasan penolakan.

Email
Penolakan Kedua 25 Agustus 2020

Dari saran teman untuk menambah artikel saya lakoni beberapa bulan hingga umur blog berumur lebih dari 6 bulan dan kembali mengajukan dengan harapan bisa diterima di bulan Maret 2021. Saya berpikir di umur blog yang sudah lumayan bisa menjadi pertimbangan adsense untuk menerima saya menjadi partner, namun kembali ditolak lewat email berikut.

Email
Penolakan Ketiga 21 Maret 2021

Saya tidak patah semangat untuk terus mencoba mengajukan peninjauan kembali, hingga mendapat email penolakan yang ke 4 kalinya di tanggal 29 Maret 2021. Rasanya nyesek ditolak berulang seperti ini haha, tapi itulah indah perjuangan.

Email
Penolakan Keempat 29 Maret 2021
Karena saya memiliki kesibukan di rentang waktu bulan April sampai Juni jadi sedikit tidak memikirkan adsense google yang telah menolak saya beberapa kali, padahal telah berjuang sepenuh hati.

Saya kembali mengajukan peninjauan adsense di bulan Juli 2021 setelah membeli domain .com di tanggal 18 Juli 2021, namun mendapat email balasan tanggal 26 Juli 2021 yang masih saja menolak saya, untuk kali ini permasalahannya adalah situs saya tidak ditemukan karena baru saja di utak-atik pengalihan https nya.

Email
Penolakan kelima 26 Juli 2021

Saya diberi saran dari salah seorang teman agar tidak menyetel situs terlebih dahulu ketika sedang dalam peninjauan, jadi setelah di tolak tanggal 26 Juli saya merampungkan semua setelan blog agar tidak mengulangi masalah sebelumnya.

Di akhir bulan Juli saya mengajukan lagi dengan harapan yang sama yakni diluluskan dalam peninjauan, akhirya setelah menunggu sekitar 11 hari saya mendapat email balasan dari google adsense yang isinya "situs saya belum siap menampilkan iklan". Di tanggal 10 Agutus 2021 saya dikirimi email dibawah ini.
Email
Penolakan Keenam 10 Agustus 2021

Alasan penolakan masih tentang low value, saya mulai mencari solusi dari permasalahan tersebut dan memutuskan untuk membeli template premium di tanggal 14 Agustus 2021.

Sehari setelahnya saya meyakinkan hati untuk kembali merayu Google Adsense agar menerima saya, selama hari-hari menunggu saya hampir setiap pagi membuka email hanya untuk memastikan ada email masuk dari google adsense. Seminggu berlalu tak kunjung menerima email, dimasa ini saya tidak memposting artikel sama sekali.

Akhirnya setelah menunggu 14 hari atau 2 minggu masuklah email google adsense pada hari ini tanggal 29 Agustus 2021 pukul 19.52 WIB yang memberi tahu bahwa situs saya telah siap menampilkan iklan adsense.

Email
Jodoh, 29 Agustus 2021

Rasanya sangat senang akhirnya perjuangan untuk diterima yang sangat panjang ini terbayar sudah, masalah seperti
  • Ditolak Karena Low Value
  • Ditolak Karena Situs Tidak Ditemukan
  • Ditolak Karena Navigasi yang membingungkan pengguna
Berhasil saya lalui dan tuntaskan.
Hingga diterima adsense jumlah artikel saya sebanyak 58 artikel dan statistik tampilan situs sekitar 5110. Cukup minim dari target yang sering disarankan oleh teman-teman blogger senior.

Tips Agar Lulus Peninjauan Adsense

Dari cerita panjang lebar di atas saya bermaksud membagikan tips berdasarkan pengalaman yang telah dialami hingga berjodoh dengan adsense google.
✪ Perbaiki Niat
Kalau emang udah niat pasti akan mudah dijalani, sebesar apapun masalahnya jika niat kita emang udah mantap maka bisa meluluhkan semua rintangan.
✪ Menambah Artikel Sebanyak-banyaknya
Seperti dua jalur yang berbeda antara menambah artikel dan mengajukan peninjauan adsense, teruslah menulis ketika sedang atau tidak mengajukam adsense. Karena menurut saya kita menulis hanya karena sedang pengajuan adsense tidak mempengaruhi secara signifikan, tidak menulis selama pengajuan pun tidak menjadi pertimbangan. Buktinya saya mengajukan peninjuan terakhir tidak mempublikasikan artikel sama sekali.
✪ Membeli Domain
Membeli domain bukan satu-satunya syarat, karena banyak blogger yang diterima adsense dengan domain bawaan blogspot.com. Akan tetapi untuk menunjang tampilan dan optimasi pencarian serta identitas blog maka saya sarankan untuk menggunakan domain pribadi. Terserah mau domain apapun itu, asal sebelum membeli kita harus paham sejauh mana tingkat optimisasi domain tersebut dapat meningkatkan jumlah kunjungan. Dari beberapa artikel yang membahas tentang pentingnya domain dalam pengajuan adsense tidak begitu detil menyarankan domain yang mana (.my.id, .id, .com, .net), karena memang tidak bisa dipastikan secara jelas. Bagi saya domain hanyalah identititas situs pribadi kita agar lebih mudah dikenali.
✪ Pelajari SEO dan Kata Kunci
Dengan mempelajari SEO dan kata kunci yang tepat kita bisa menjadikan situs kita muncul di halaman awal atau peringkat pertama yang disarankan oleh google ketika menuliskan kata kunci. Artinya jumlah kunjungan ke situs kita akan meningkat.
✪ Gunakan Template Premium
Menggunakan template premium sangat disarankan dibanding menggunakan template gratisan yang tidak mendukung beberapa layanan yang diperlukan untuk pengajuan adsense.

Template yang responsive, friendly, SEO dan tidak membingungkan pengguna saat dijelajah sangat disarankan.
✪ Selama Pengajuan Jangan Melakukan Perubahan Apapun Dalam Situs
Ketika pengajuan sedapat mungkin jangan menyetel HTML atau tata letak blog, karena penilaian google blog kita sementara dibangun sehingga belum layak menampilkan iklan.

Berdasarkan pengalaman saya sering mengganti tata letak dan menyetel html, itu salah satu sebab saya ditolak.
✪ Nonaktifkan Link Iklan Dari Situs Penyedia Iklan Lainnya
Saya pernah menjajal iklan adsterra yang sangat mudah pengurusannya ketimbang adsense google, iklan adsterra sempat muncul di blog saya sekitar 1 bulan dan kemudian saya non aktifkan dan hapus script nya dari setelan html blog saya. Salah satu alasannya adalah iklan yang ditampilkan oleh adsterra terlalu erotis dan tidak ramah bagi pembaca dibawah 18 tahun.
✪ Jangan Copy Paste
Hal ini jangan sampai dilakukan, teruslah berkarya dengan diri sendiri. Boleh menjadikan salah satu atau lebih artikel sebagai referensi artikel yang akan kita buat, tapi tidak secara mentah copy paste.
✪ Lakukan Pengindexan Google
Ini adalah salah satu alasan kita tidak diterima karena low value karena artikel kita tidak tersedia di pencarian google. Silahkan baca artikel saya tentang ini.
✪ Bangun Koneksi Sesama Blogger
Saya mulai bergabung dengan komunitas blogger di Telegram untuk mendapatkan informasi terkait permasalahan yang saya alami. Ini akan sangat membantu ketika menemui masalah dan kita sulit mendapatkan penjelasannya di google, dengan bertanya kepada yang lebih berpengalaman akan memudahkan kita.

Cukup sekian cerita dibalik diterima adsense, ini bukan akhir bagi saya. Melainkan awal untuk berjuang mendapatkan pundi-pundi Rupiah dari tulisan saya.

Bagi yang masih berusaha tetaplah semangat, tidak ada pesta yang tak ada akhirnya, tak ada masalah yang tak berakhir.

Tetap sehat dan jangan gila
Owari desu

Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

22 komentar untuk "Blog Bisa Lulus Peninjauan Google Adsense, Begini Proses Dan Tipsnya"

  1. mantap bang, itsumo ganbatte ne. :d

    BalasHapus
  2. Thanks gan,. Hasanhusain.co, otw ya

    BalasHapus
  3. Bagus, informatif, gaya bahasanya luwes, mudah dicerna pengunjung. Mantap!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasihπŸ™πŸ™ semoga bermanfaat

      Hapus
  4. Terima kasih infonya, kunjungi balik ya gan.

    BalasHapus
  5. Makasih yah tipsnya, Semoga nanti kalo saya daftar adsense bisa diterima pakai cara ini

    BalasHapus
  6. Menginspirasi, semoga berkah om

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas ilmunya.

    BalasHapus
  8. Jadi mkn semangat bikin blog

    BalasHapus
  9. Informatif sekali. Mantul

    BalasHapus
  10. Izin promosi situs baca manga bahasa Indonesia.. https://www.manga-nyan.xyz/

    walaupun masih dalam tahap pengembangan.. kunjungi ya... bisa request juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situsnya kerennπŸ‘πŸ‘

      Hapus
    2. Terima kasih... πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  11. mantap kak coba cekpunya saya cerminhilang.online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog nya bagus.. semoga cepat pakai adsense kakπŸ‘πŸ‘

      Hapus
  12. terima kasih tipsnya, bermanfaat sekali. jadi semangat menulis di blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat.. utamain kualitas tulisan kak

      Hapus
jokkajo