Gabung Grup WHATSAPP Bahasa Jepang Gabung

5 Hal Negatif Yang Harus Diketahui Sebelum Bekerja ke Jepang

kerja ke jepang, cara kerja di jepang, berapa gaji di jepang, bahasa jepang mudah, budaya jepang, visa kerja ke jepang, biaya hidup di jepang
JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」
Halo jo, bekerja ke jepang menjadi impian bagi banyak orang Indonesia, dengan beberapa pertimbangan menjadikan Jepang sebagai salah satu negara tujuan untuk bekerja.

1. Bekerja di Musim Dan Cuaca Extrim

seperti diketahui bahwa jepang adalah negara dengan 4 musim dimana 2 diantaranya adalah musim yang sangat berat bahkan dikategorikan ekstrim karena sangat membahayakan bagi keselamatan dalam bekerja.

bagi yang ingin bekerja di jepang harus ketahui hal ini, musim dingin di beberapa daerah di jepang memang berbeda, ada yang turun salju dan ada daerah yang sama sekali tidak turun salju. meski begitu suhu yang sangat dingin cukup berbahaya bagi beberapa orang karena tidak sedikit orang yang kehilangan nyawa karena kedinginan saat bekerja

musim panas di jepang pun tidak kalah berbahayanya, dehidrasi dan panas tubuh yang tidak tertahankan menjadi salah satu penyebab kematian bagi pekerja di jepang. suhu panas membuat tubuh lebih sering berkeringat dan membuat tubuh lebih cepat merasakan capek

2. Orang Jepang Tidak Selamanya Ramah

hal ini bukanlah isapan jempol semata karena memang adanya, dijepang dikenal istilah "tatemae" dimana orang-orang bersikap ramah kepada orang lain hanya karena sedang berhadapan dengan orang yang bersangkutan, namun di sisi lain mereka juga membicarakan keburukan orang tersebut. jadi cukup berhati-hatilah dengan orang jepang.

mereka sangat suka memuji, namun jika kamu melakukan kesalahan yang kecil sekalipun maka kamu akan mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan di kemudian hari.

3. Gaji Jepang Tidak Seindah Yang Dibayangkan

beberapa motivasi orang datang ke jepang untuk bekerja ialah karena gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan, gaji berkisar 20-30 juta perbulan. tapi kenyataannya tidak semua gaji seperti itu, tergantung dengan jenis kerja, visa yang kamu gunakan saat datang ke jepang, waktu kerja dan lain sebagainya.

gaji terendah pemegang visa magang masih ada di bawah 10 juta per bulannya, jika dibandingkan dengan pengeluaran itu sangat tidak sebanding. walaupun gaji bersih sekitar 14-17 juta, tapi jangan lupa bahwa banyak potongan yang akan dikenakan mulai dari potongan pajak yang bermacam, pajak penduduk, pajak pendapatan, asuransi kesehatan, biaya sewa tinggal, tagihan air listrik dan gas, sehingga gaji bersih bisa berada di kisaran 8-10 juta yang diterima setiap bulannya.

dari gaji segitu kamu harus menyisihkan untuk biaya makan dan kebutuhan lainnya selama tinggal di jepang.

4. Bahasa dan Aksara Jepang Yang Sulit

perlu diketahui bahwa negara jepang menggunakan 3 aksara yaitu hiragana, katakana dan kanji yang masing-masing bentuk huruf dan penggunaannya berbeda. kamu harus bisa menghafal huruf hiragana dan katakana jika ingin bekerja ke jepang.

kemudian sama halnya di indonesia terdapat bahasa daerah di setiap tempat, di jepang pun demikian ada bahasa lokal yang sangat berbeda jauh dengan bahasa baku yang kamu pelajari di sekolah bahasa jepang.

terdapat kesulitan tersendiri ketika kamu menghadapi orang lokal yang tidak mau menggunakan bahasa baku ketika berbicara, sehingga kamu harus ekstra berfikir apa yang dimaksudkan oleh orang jepang

5. Budaya dan Makanan Jepang 

budaya orang jepang yang agak tertutup membuat orang asing akan sangat sulit berinteraksi langsung, orang jepang hanya mau berinteraksi langsung jika ada keperluan seperti pekerjaan atau ketika kita menggunakan jasa mereka. selebihnya kamu akan mendapati sikap dingin dan cuek orang jepang kepada orang asing.

bagi orang Indonesia makanan pedas dan kaya rasa adalah hal biasa, tapi di jepang makanannya hampir semua memiliki rasa yang soft atau kurang terasa bagi orang indonesia. 

kemudian juga bagi kamu yang beragama islam harus berhati-hati dalam memilih makanan jepang karena hampir semua makanannya mengandung daging babi atau olahan dari babi. susahnya mencari makanan halal di jepang bukan sebuah cerita, tapi memang kenyataannya demikian. semakin kemajuan zaman dan teknologi banyak toko indonesia yang siap membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan makanan halal.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat. 

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

___________________________________
Baca Artikel Islami di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja dan Keuangan di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @zeropasento_ | Tiktok Zeropasento | Pinterest Jokkajo_ 
Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••