Ada yang baru nih... !Klik Disini

Gabung Grup WHATSAPP Bahasa JepangGabung

Tahukah Kamu Apa Itu Sistem Android, Sejarah, dan Juga Versinya? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

apa itu android sejarah android versi android android harga
JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」
Halo jo, Apa Itu Sistem Android? Kata Android bukanlah kata yang asing ditelinga kita, bahkan tidak asing dengan kegiatan kita sehari-hari. Tapi, terkadang dari android itu sendiri, ada banyak tentangnya yang tidak diketahui orang, seperti sejarah dan juga versinya.

Maka dari itu, agar pengetahuan bertambah tentang teknologi informasi, penulis sengaja mengulas tentang Apa Itu Sistem Android? Sejarah, dan juga versinya, lengkap dengan penjelasannya. Maka dari itu, jangan diloncat bacanya, ya!

Tahukah Kamu Apa Itu Sistem Android, Sejarah, dan Juga Versinya? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!


Jika berbicara tentang sistem operasi, pasti saja tidak akan ada habisnya. Mengingat saat ini, terdapat berbagai sistem operasi yang dikembangkan oleh developer. Seperti sistem operasi Windows, Linux, Macos X, ios, dan lainnya. Tetapi di antara sekian banyaknya sistem operasi, ada salah satu yang menarik untuk di bahas, yaitu Android.

Apa Itu Sistem Android?

Android merupakan suatu sistem operasi seluler yang didasarkan pada versi modifikasi dari kernel Linux, dan perangkat open source lainnya. Android dirancang untuk perangkat seluler, terutama layar sentuh, seperti smartphone dan tablet.

Sistem operasi ini, pertama kali diluncurkan pada bulan September 2008, di mana Android dikembangkan oleh Open Handset Alliance yang disponsori secara komersial oleh Google. Tak hanya itu, Android juga merupakan perangkat lunak gratis dengan sistem open source, yang dalam artian Google memperbolehkan pengguna untuk mengembangkan sistem operasi itu.

Android juga punya toko aplikasi yang bernama Google Play Store. Tentunya bagi Kamu yang memakai smartphone dengan sistem Android, bisa bebas mengunduh aplikasi atau game yang ada pada Google Play Store.

Saat ini, Android punya beberapa versi yang sudah dirilis, mulai dari Android 1.0 sampai yang terbaru Android 11. Menariknya di dalam sistem operasi ini, terdapat beberapa versi yang memakai nama dessert sebagai penanda.

Seperti versi Android Cup Cake, Donut, Froyo, Jelly Bean, Kitkat, Marshmallow, Oreo sampai Pie. Bisa saja untuk ke depannya versi Android hanya memakai sistem penomoran saja, seperti halnya Android 10 dan Android 11.

Sejarah Android

Awalnya Android dibuat sebagai pendukung perangkat kamera digital, sehingga bisa terhubung langsung dengan internet. Dan karena pangsa pasar pada saat itu sangat besar, maka pada akhirnya, Android dikembangkan di dalam perangkat mobile. Saat itu hanya Symbian dan Windows Mobile adalah sebagai pemain utama.

Sejarah pertumbuhan Android, dimulai tahun 2003 saat Andy Rubin, Rich Miner, Chris White dan Nick Sears mendirikan Android, Inc. Suatu perusahaan besar di Palo Alto, California yang kemudian dipinang oleh Google pada tanggal 17 Agustus 2005.

Di bawah naungan Google, Android menghilang, dan tidak melahirkan apapun, hingga pertengahan tahun 2008. Sampai pada 22 Oktober 2008, HTC Dream diluncurkan sebagai ponsel seluler komersial pertama yang berbasis Android.

Dua tahun setelahnya, ponsel pandai seri Nexus One diluncurkan oleh Google dengan perlindungan HTC selama proses pembuatan. Sampai pada akhirnya melahirkan bermacam brand l dari OEM yang berbeda, seperti Asus, Samsung, LG dan lain sebagainya.

Selanjutannya perangkat Android mulai berkembang pesat, dan menenggelamkan para pesaingnya. Dengan perubahan, pertumbuhan dan pemugaran fitur yang membuat performa Android lebih optimal.

Versi-Versi Sistem Operasi Android

Berbagai versi Android tetap berkembang semenjak kemunculannya di tahun 2008, sampai sekarang. Tercatat smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream alias HTC G1 atau T-Mobile G1 (As).

Dan untuk Indonesia sendiri, sistem android yang pertama kali muncul sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kemunculan smartphone HTC Dream, tapi dikarenakan peminatnya tidak begitu banyak, maka kurang terekspose.

Baru pada zaman generasi Samsung Galaxy versi pertama, yang menggunakan OS Android mulai banyak, namun saat itu masih kalah saing dengan pengguna Blackberry Os.

Dan jika kamu inginkan tahu apa saja versi sistem Android mulai berasal dari pertama kemunculannya, sampai sekarang, di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya. Tetap lanjut membaca ya!

1. Android Astro 1.0 (Alpha)

Untuk versi Astro dan Bender, barangkali agak asing didengarkan. Karena versi Android 1.0 Astro (Alpha) dan Android 1.1 Bender (Beta) ini, belum diluncurkan secara publik untuk keperluan komersil. Sistem Android ini pertama kali diluncurkan pada September 2008, dengan andil Andy Rubin yang saat ini dikenal sebagai Bapak Android.

Walau versi pertama ini tidak menggunakan nama makanan manis, tetapi sistem operasi Android ini digunakan HTC Dream, yang merupakan suatu pionir gabi android untuk versi selanjutnya.

2. Android Bender 1.1 (Beta)

Versi ini dirilis pada 9 Maret 2009, yang muncul dengan pembaruan tampilan pada aplikasi, jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email. Tetapi versi Android kedua ini, juga mengalami masalah penamaan yang sama dengan versi pertamanya.

Pada awalnya, Android ini akan diberi nama Bender. Akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama Bender tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk digunakan perangkat T-Mobile G1 saja, tetapi karena beberapa faktor, Versi ini terus update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API, dan memberikan beberapa fitur.

3. Android Cupcake 1.5

Android Cupcake merupakan pembaharuan sistem yang diluncurkan pada 30 April 2009, dan merupakan versi sistem operasi awal yang memakai nama makanan manis. Android versi 1.5 dengan nama cupcake dirilis secara komersil dengan fitur on-screen keyboard. Kelebihan dan Fitur Android 1.5 Cupcake yang dimiliki:

  • Perlindungan untuk pihak ketiga.
  • Perekaman dan pemutaran video.
  • Fitur copy dan paste di browser
  • Transisi layar animasi dan pilihan auto-rotasi.
  • Kemampuan untuk meng-upload foto dan video.

4. Android Donut 1.6

Tidak berselang lama dari diluncurkannya Android versi Cupcake, yaitu kurang lebih 5 bulan saja, Android memberikan beberapa pembaruan, terutama penampahan layar smartphone yang lebih besar.

Hal itu merupakan pengkajian dari bug-bus yang ada pada versi sebelumnya. Dan versi tersebut, saat ini kita kenal dengan nama versi donut 1.6. Android merilis versi donut 1.6 pada 15 September 2009 dengan menambahkan teknologi Cdma/Evdo, 802.1 x, Vpns. Keunggulan dan Fitur Android 1.6 Donut yang dimiliki adalah:

  • Suara dan masukan teks pencarian ditingkatkan.
  • Kamera jadi lebih cepat dan terintegrasi.
  • Multi-Bahasa sistem.
  • Perlindungan untuk resolusi layar Wvga.
  • Peningkatan kecepatan di dalam mencari dan aplikasi kamera.

5. Android Eclair 2.0 – 2.1

Hampir sama dengan versi-versi sebelumnya, versi ini merupakan pengembangan dari bugs yang ada. Android Eclair adalah versi yang bisa membuat layar depan sesuai keinginan, mengatur aplikasi di beberapa layar, latar belakang (Wallpaper) hidup yang menanggapi sentuhan.

Kemunculan Eclair 2.0 – 2.1 pada 26 Oktober 2009, menggeser fungsi peta konvensional dengan fitur navigasi Google maps. Keistimewaan dan Fitur Android Eclair yang dimiliki adalah:

  • Sinkronisasi akun, kontak cepat, bluetooth.
  • kamera mempunyai fitur pemberian flash, digital zoom, scene mode, ekuilibrium warna, pengaruh warna, dan fokus makro.
  • Wallpaper hidup dan animasi, multi sentuhan.
  • Kemampuan menunjukkan pop-up untuk panggilan, SMS dan email.
  • Kecepatan perangkat keras dioptimalkan.

6. Android Froyo 2.2

Versi froyo atau frozen yoghurt rilis pada 20 Mei 2010, dengan bermacam fitur pemugaran pada sistem yang sudah ada. Kelebihan dan Fitur Android Froyo yang dimiliki:

  • Kecepatan, memori, dan kinerja ditingkatkan.
  • Manfaat USB tethering dan Wi-Fi hotspot.
  • Kemampuan browser ditingkatkan.
  • Menopang Kata Sandi angka dan cii-ciri unik.
  • Fitur Keamanan ditingkatkan.

7. Android Gingerbread 2.3

Belum setahun berselang, Android Gingerbread memperbaharui versi sebelumnya. Android Gingerbread menawarkan antarmuka pengguna, yang diperbaharui dan peningkatan kinerja lebih baik, lalu kemudian dirilis pada Desember 2010.

Android Gingerbread mempunyai fungsi sensor lebih detail, input teks, dan akurasi keyboard meningkat, fungsi penyalinan teks terseleksi, efek audio seperti virtualisasi headphone, dan kamera depan.

Mulai dari Versi ini, salah satu brand ternama mulai melirik untuk versi ini, seperti Samsung Galaxy series yang populer sampai kala ini. Adapun keunggulan Fitur Android Gingerbread adalah:

  • Tampilan Antar Muka lebih sederhana dan peningkatan kecepatan.
  • Menunjang layar besar.
  • Virtual keyboard lebih cepat dan intuitif.
  • Pengaruh melodi, equalizer, dan virtual.
  • Menunjang multi kamera.

8. Android Honeycomb 3.0/3.1

Agak berbeda dengan citra versi semabai makanan manis, di versi ini, android menggunakan lambang Lebah. Versi Android Honeycomb yang rilis pada 10 Mei 2011 ini, dioptimalkan untuk perangkat tablet, seperti dukungannya pada Samsung, yang mulai merilis perangkat tablet untuk menyaingi Apple.

Pada versi Android Honeycomb, ia memperkenalkan percepatan perangkat keras dan pemberian untuk prosesor multi-core. Kelebihan lainnya dari Android Honeycomb adalah:

  • Desain keyboard baru, lebih cepat dan detail.
  • Akses cepat pada fitur-fitur kamera.
  • Kemampuan menampilkan album pada layar penuh.
  • Percepatan kinerja perangkat.
  • Membantu keyboard eksternal, joystick.

9. Android Ice Cream Sandwich 4.0

Android Ice Cream Sandwich yang rilis pada 19 oktober 2011 ini, merupakan suatu versi yang dirilis dengan perubahan yang baru, desain halus, simple, indah dan cerdas. Kelebihan dan Fitur Android Ice Cream Sandwich yang dimiliki adalah:

  • Kemampuan mengakses langsung aplikasi dari pengunci layar.
  • Integrasi nada, pembuka kunci, deteksi wajah.
  • Sinkronisasi otomatis pad browser.
  • Foto Editor dan warna layar lebih halus.
  • Kinerja Stabil dan aplikasi kamera lebih baik.

10. Android Jelly Bean 4.1/ 4.2/ 4.3

Google now yang bermanfaat untuk voice assistant, diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran android versi Jelly Bean 4.1 di tahun 2012. Sedangkan fitur photo sphere, daydream dan lain-lain ada di versi 4.2, yang mana semua versi dimutakhirkan pada versi 4.3.

Android Jelly Bean merupkan suatu versi yang mempunyai fitur cepat dan halus, dilengkapi grafis sehingga bisa memberi tambahan peningkatan manfaat pada user interface, dan teknologi Vsync yang digunakannya.

Android Jelly Bean adalah pembaharuan tambahan dengan tujuan utama menambah fungsi dan kinerja antarmuka pengguna, memakai antisipasi sentuh, triple buffering. Android Jelly Bean mempunyai fokus pada kinerja, memperkenalkan sinkronisasi vertical (Vsync) untuk meningkatkan grafis.

Berikut adalah keunggulan dan Fitur Android Jelly Bean:

  • Peningkatan Kinerja Sistem.
  • Peningkatan fitur keamanan.
  • Menolong Bluetooth bersama daya sedikit.
  • Menunjang emoji.

11. Android Kitkat 4.4

Android Kitkat merupakan versi yang mengawali suatu kepopuleran android hampir di seluruh dunia. Android 4.4 Kitkat bisa memberi tambahan optimalisasi yang baik, termasuk pada perangkat smartphone, yang memiliki spesifikasi kurang mumpuni, alias cukup rendah.

Sehingga versi ini bisa dikatakan sebagai versi sistem yang cerdas, sederhana, dan tepat guna. Android Kitkat 4.4 sendiri mulai digunakan oleh brand Nexus Google 5 pada Oktober 2013, dan dioptimalkan untuk bekerja pad rentang yang lebih besar dari perangkat versi Android sebelumnya.

12. Android Lollipop 5.0

Mulai dari bebreapa versi sebelumnya hingga versi ini, google terus melakukan pembaharuan secara rutin terhadap sistem operasi tersebut. Android Lollipop 5.0, diresmikan Juni 2014, tersedia resmi sebagai update over-the-air (OTA) November 2014, memiliki fitur antarmuka yang di desain ulang, dibangun dengan desain responsif, yang kemudian dilanjutkan versi selanjutnya.

Bisa dikatakan bahwa versi ini menjadi pionir bagi munculnya smartphone smartphone flagship dengan spesifikasi cukup mumpuni. Selain itu juga Android Lollipop menjadi versi yang memiliki kecerdasan pada layar besar maupun kecil, informasi tepat pada saat yang tepat dengan nama yang manis sehingga dapat mendukung arsitektur 64-bit yang sudah memungkinan penggunaan RAM di atas 3GB. Salah satunya contohnya dalah ASUS Zenfone 2 (RAM 4GB) saat itu.

13. Android Marshmallow 6.0

Marshmallow 6.0 muncul bersama fitur canggih seperti search bar, sensor sidik jari dan sebagainya pada 5 Oktober 2015.

14. Android Nougat 7.0

Nougat 7.0 membuat perubahan besar sejak muncul pada 23 Agustus 2016 dengan 63 emoji baru dan multi-window.

15. Android Oreo 8.0

Oreo 8.0 hadir pada 21 Agustus 2017 dengan fitur-fitur yang multitasking serta penampilan UI yang lebih rapi.

16. Android Pie 9.0

Pie 9.0 dirilis pada 6 Agustus 2018 dengan membawa smart reply, digital wellbeing, adaptive battery dan lain-lain.

17. Android 10

Salah satu alasan versi ke 10 dinamakan Android 10 dikarenakan tidak adanya nama makanan yang berawalan Q.

Untuk versi Android 10 keatas sudah tidak menggunakan nama-nama makanan seperti versi sebelumnya. Android versi 10 diluncurkan pada 3 September 2019, fitur barunya berupa navigasi layar utama, izin untuk akses media, akses ke background dll.

18. Android 11

Android 11 diluncurkan pada tanggal 8 September 2020 dengan membawa fitur yang lebih lengkap dari generasi sebelumnya. Contoh fitur yang dimilikinya seperti chat bubbles, perekaman layar, notifications, kontrol izin dan sebagainnya.

19. Android 12

Android 12 resmi meluncur pada tanggal 4 Oktober 2021, setelah pertama kali diumumkan Google pada tanggan 18 Februari 2021.

Fitur baru yang dihadirkan dalam versi Android terbaru ini seperti kemudahan berbagi WiFi, support gambar AVIF, Material You, tangkapan layar bergulir, mode satu tangan, zoom area, extra dim dan masih banyak lainnya.

20. Android 12L

Android 12L direncanakan meluncur pada awal tahun 2022, updatenya khusus untuk perangkat smartphone lipat, tablet, layar besar dan chromebook. Versi Android 12L ini akan lebih mudah menyesuaikan dengan layar pengguna yang lebih besar. Untuk detail lengkapnya kita tunggu saja sampai versi 12L ini diluncurkan resmi ke publik.

Untuk Android versi terbaru biasanya khusus untuk smartphone keluaran terbaru, untuk smartphone keluaran lama biasanya terbatas sampai versi Android tertentu. Nah bagi kamu yang ingin merasakan Android versi terbaru, mau tidak mau harus upgrade ke smartphone keluaran terbaru.

Itulah penjelasan tentang android, mulai dari pengertian sampai versinya. 

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat. 

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

___________________________________
Baca Artikel Islami di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_ 
Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••