Ada yang baru nih... !Klik Disini

Apa itu Artificial Intellegence (AI) Kecerdasan Buatan?

apa yang dimaksud dengan AI Kecerdasan buatan? fungsi ai itu apa kapan ai dibuat?
JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」
Halo jo, Apa itu AI atau kecerdasan buatan? nah itu yang akan jadi topik artikel saya kali ini. memang AI sudah sejak lama dikembangkan dan sudah digunakan sejak dahulu. hanya saja isu kembali digaungkan dengan adanya teknologi terbarukan yang dianggap paling efisien.

Apa yang dimaksud Artificial Intellegence? 

AI atau Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) adalah cabang dari ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan teknologi yang dapat meniru kemampuan manusia dalam memahami, belajar, dan membuat keputusan. AI mencakup pengembangan sistem komputer yang dapat memproses data, memperoleh informasi dari data tersebut, dan menggunakannya untuk membuat keputusan atau tindakan.

Dalam pengembangan AI, teknologi seperti machine learning, deep learning, dan neural networks digunakan untuk membantu sistem AI belajar dan berkembang sendiri. Tujuan dari pengembangan AI adalah untuk menciptakan sistem yang mampu memahami bahasa manusia, memproses gambar, suara, dan data lainnya, serta melakukan tugas-tugas yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh manusia, seperti pengenalan wajah, bahasa, dan suara, serta pengambilan keputusan yang kompleks.


Sejak Kapan AI dikembangkan? 

Konsep dan pengembangan awal dari kecerdasan buatan (AI) dimulai pada tahun 1940-an dan 1950-an, ketika para peneliti seperti John McCarthy, Marvin Minsky, dan Claude Shannon mulai mencoba memodelkan kemampuan manusia dalam memproses informasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan komputer dan matematika.


Pada tahun 1956, McCarthy mengadakan Konferensi Dartmouth, yang dianggap sebagai acara pembukaan resmi bidang AI. Konferensi ini menjadi titik awal dari pengembangan AI sebagai disiplin ilmu yang mandiri.


Pada tahun 1960-an dan 1970-an, bidang AI mengalami kemajuan besar dalam pengembangan algoritma dan teknologi baru, termasuk jaringan saraf (neural networks), pengolahan bahasa alami (natural language processing), dan sistem pakar (expert systems).


Pada tahun 1980-an dan 1990-an, perkembangan AI terhenti dan disebut sebagai periode AI dingin, karena kurangnya kemajuan teknologi dan hasil penelitian yang mengecewakan. Namun, pada tahun 2000-an, perkembangan AI mulai berkembang lagi, terutama karena adanya kemajuan dalam komputasi dan teknologi informasi.


Kemajuan AI semakin pesat pada saat ini, karena adanya peningkatan dalam kapasitas komputasi dan kekuatan jaringan saraf, serta perkembangan teknologi baru seperti machine learning, deep learning, dan computer vision.


Kelebihan dan Kekurangan AI

Kelebihan Artificial Intellegence

  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas, AI dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan memproses dan menganalisis data dalam jumlah besar dengan cepat dan akurat, sehingga menghemat waktu dan biaya.
  • Memperbaiki kualitas produk dan layanan, Dengan memanfaatkan data dan informasi yang lebih akurat, AI dapat membantu meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
  • Menghemat biaya, Penggunaan AI dapat membantu menghemat biaya dalam berbagai aspek bisnis, seperti operasional, pemasaran, dan pengembangan produk.
  • Meningkatkan keamanan, AI dapat membantu meningkatkan keamanan dalam berbagai aspek, seperti keamanan siber dan keamanan fisik.
  • Meningkatkan akurasi dan presisi, AI dapat memproses dan menganalisis data dalam jumlah besar dengan akurasi dan presisi yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih akurat.
  • Menemukan pola dan tren, AI dapat membantu menemukan pola dan tren dalam data yang sulit ditemukan oleh manusia, sehingga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan efektif.
  • Personalisasi, AI dapat membantu personalisasi pengalaman pengguna dengan memberikan rekomendasi dan penyesuaian yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu.
  • Membuka peluang baru, AI dapat membuka peluang baru dalam berbagai bidang dengan mengembangkan teknologi baru dan menemukan cara baru untuk memproses dan menganalisis data.

Kekurangan Artificial Intellegence

  • Ketergantungan pada teknologi,  Penggunaan AI yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan pada teknologi, yang pada gilirannya dapat menurunkan kemampuan manusia untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan secara mandiri.

  • Kerentanan pada kesalahan dan bias,  Meskipun AI dapat memproses data dalam jumlah besar dengan cepat dan akurat, teknologi ini masih rentan terhadap kesalahan dan bias yang dapat menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan.

  • Kurangnya fleksibilitas,  AI dapat sangat terampil dalam menyelesaikan tugas tertentu, namun seringkali sulit untuk menyesuaikan AI dengan tugas yang berbeda atau situasi yang tidak terduga.

  • Mengancam privasi dan keamanan data, AI memerlukan akses ke data yang besar dan kompleks untuk berfungsi dengan baik, namun penggunaan data ini juga dapat mengancam privasi dan keamanan data.

  • Dampak sosial,  Penerapan AI dapat mempengaruhi pasar tenaga kerja dengan menggantikan pekerjaan manusia dan menciptakan ketidaksetaraan sosial.

  • Biaya, Pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan AI dapat sangat mahal, sehingga hanya perusahaan besar dan organisasi yang mampu menggunakannya.

  • Kurangnya etika dan regulasi, Penggunaan AI yang tidak diatur dengan baik dapat menimbulkan masalah etika dan keamanan, seperti diskriminasi, penyalahgunaan data, dan kerentanan pada serangan siber.


Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat. 

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

___________________________________
Baca Artikel Islami di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_ 
Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••