Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Strategi Bisnis Kuliner Tahun 2022 Agar Laris Banyak Pelanggan


JOKKAJO.COM
「Assalamualaikum」
Halo jo, Usaha kuliner adalah usaha yang tidak ada habisnya selama manusia masih tetap memerlukan makan untuk kelangsungan hidupnya, Memulai usaha dibidang kuliner terbilang cara yang mudah dijalankan jika didukung oleh beberapa faktor, didalamnya sudah termasuk modal yang cukup untuk memulainya.

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki keinginan untuk memulai bisnis kuliner? Sepertinya kamu harus memperhatikan tips dalam artikel ini agar usaha yang kamu jalanan dapat bertahan dengan persaingan dagang. Kemudian baca pantangan memulai bisnis jika tidak mau rugi sebagai pertimbangan.

Sedikit informasi nih, tidak sedikit mereka yang mencoba memulai bisnis kuliner gagal karena tidak sanggup dengan persaingan. Banyak hal yang menjadi titik persaingan seperti Cita rasa, harga, keunikan, kebersihan dan tempat. Cermati tips bisnis kuliner sebelumnya yang sudah saya bagikan.

Pertanyaan besar jika kamu sudah berani terjun ke dunia bisnis kuliner adalah bagaimana cara mempromosikan bisnis ini agar dikenal oleh orang banyak.

Simak tips dari JokkaJo untuk menjawab pertanyaan besar tersebut

1. Berani Pasang Iklan


Untuk mendapatkan layanan iklan murah dan menjangkau target sesuai keinginan harus pandai dalam memilih advertiser, banyak advertiser besar seperti Google ads, Facebook Ads bisa kamu jadikan rujukan untuk mengiklankan bisnis mu.

Tapi bagi pemula apalagi bisnis dengan skala kecil tentunya modah yang disiapkan hanya untuk keperluan dagangan kuliner, tidak sampai memperhitungkan biaya untuk promosi. Padahal promosi adalah faktor besar dalam memulai sebuah bisnis.

Memang banyak sosial media yang bisa digunakan untuk mempromosikan dengan biaya 0 Rupiah, tapi apakah itu dapat menjangkau target yang diinginkan? Jawabannya adalah “tidak optimal”. Karena jangan medsos pribadi bersifat terbatas untuk menjangkau orang sekitar lokasi bisnis.

Maka bagi kamu yang ingin memulai bisnis kuliner harus bisa memberikan porsi biaya untuk promosi agar bisnis yang baru dimulai akan mudah dikenal oleh orang-orang. Tidak sedikit mereka pengusaha dibidang kuliner rela menggelontorkan biaya besar untuk promosi atau iklan.

2. Grand Opening Harus Mengesankan

Pada saat pertama membuka lapak dagangan lakukan dengan trik Grand Opening yang sengaja memberikan harga miring kepada pelanggan, ini sebagai langkah promosi on the spot karena mendatangkan orang untuk ikut serta dalam acara grand opening.

Pada umumnya bisnis kuliner yang melakukan grand opening akan memberikan diskon hingga 50% untuk setiap item dagangannya, hal ini dimaksudkan untuk menarik orang untuk mencicipi makanan yang dijual tersebut.

Ingat cinta pada pandangan pertama, mereka akan jatuh cinta pada cicipan pertama. Oleh karena itu bujuklah mereka untuk mencicipi dengan harga murah. Tidak harus gratis, cukup berikan separuh harga sudah bisa mengajak orang untuk mencoba.

Lakukan perayaan grand opening hingga 3 atau 5 hari atau bahkan 7 hari, dengan begitu orang akan berbondong bondong datang sebelum masa grand opening berakhir. Pada tahap ini kamu jangan terlalu senang karena memang pembeli akan meningkat drastis.

Setelah masa grand opening kamu harus bersiap pikiran karena pembeli akan turun drastis pula, nah dimasa ini kamu harus menyiapkan bisnismu untuk menjalani kebiasaan dengan pembeli yang mulai stabil.

3. Jangan Pelit Promo Harga Miring

Orang sangat tertarik dengan promo harga, maka jika ingin memulai bisnis ini kamu jangan pelit untuk memberikan promo. Jangan terlalu memikirkan untung besar.

Lebih baik untuk kecil namun lancar setiap hari daripada untuk besar namun mandet dalam proses penjualannya. Akan tetapi jika kamu memperkirakan promo justru akan membuatmu rugi maka harus dibatasi langkah promo tersebut.

Pada intinya kamu harus menyisihkan sedikit untung dari berjualan untuk memberikanpromo kepada pelanggan setiamu, dengan begitu kamu akan lebih dikenal dibanding pesaingmu yang lainnya.

4. Inovasi Kuliner Terbaru


Orang-orang sangat mudah jenuh dengan sesuatu yang monoton, dalam dunia kuliner pun demikian. Tidak semua orang akan tetap setia dengan makanan kesukaannya yang disajikan dengan bentuk itu-itu saja.

Disinilah diperlukan inovasi dari dagangan, kamu bisa melakukan ini setiap bulannya atau beberapa bulan sekali untuk terus memberikan kesan inovatif kepada pelanggan. Tapi bukan berarti kamu meninggalkan dagangan awal.

5. Buat Pelanggan Datang Lagi

Yang terakhir kamu harus bisa membuat pelanggan datang lagi di kemudian hari atau bisa datang setiap hari. Dengan cara perlakukan dan pelayanan yang baik, ketika pelayanan prima maka pelanggan akan memiliki kesan yang baik terhadap bisnismu.

Misalnya lebih humanis dan dekat dengan pelanggan, menyapa dan berusaha membangun sebuah pembicaraan singkat sekedar basa-basi yang mencerminkan kamu sangat menghargai mereka.

Itulah 5 tips membangun bisnis kuliner agar tangguh ditengahpersaingan bisnis.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat. 

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

___________________________________
Baca Artikel Islami di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_ 
Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

Posting Komentar untuk "5 Strategi Bisnis Kuliner Tahun 2022 Agar Laris Banyak Pelanggan "

jokkajo