Ada yang baru nih... !Klik Disini

Gabung Grup WHATSAPP Bahasa JepangGabung

Motivasi Produktif, Sampai Kapan Mau Menunda Tugas? Simak Tips Manajemen Waktu Berikut

Tips Managemen Waktu yang paling baik dan mudah untuk dilakukan, mengatur waktu dengan benar dan tertib
Gambar jam waker
Time Management

「Assalamualaikum」- Halo jo,  Dalam satu hari kita menghabiskan waktu selama 24 jam. Tapi kenapa sih, kok rasanya masih kurang ya? Nah, apakah kamu termasuk orang yang pernah bertanya seperti itu ke dirimu sendiri?

Di pagi hari mungkin kamu memulai hari dengan mengerjakan tugas. Sayangnya, meski udah lama banget dikerjain, pas kamu liat lagi progress tugasnya, ternyata masih stuck ngerjain tugas yang sama seharian.

Padahal banyak tugas lain yang harusnya kamu selesaikan hari ini. Misalnya kamu harus meeting, kamu harus masak, belum lagi bersih-bersih rumah, memikirkannya saja sudah cukup membuat kepala pusing ya?

Ditambah lagi kamu merasa semua kegiatan atau tugas tersebut adalah prioritas yang penting, dan kamu hanya punya waktu 24 jam untuk ngerjakan semuanya. Hal ini mungkin membuatmu bingung tugas mana yang harus diutamakan, dan tugas mana yang bisa dikerjakan nanti.

Nah, masalahnya adalah.. saat kita melihat orang lain, misal aja teman dekat kita. Ternyata mereka bisa ngelakuin banyak hal dan hasilnya bisa maksimal gitu?

Kenapa ya mereka bisa jago banget di banyak hal dalam 24 jam? Dan, kenapa kalau kita sendiri susah?

Nah, di artikel ini penulis akan menjelaskan tips soal manajemen waktu, terinspirasi dari kanal @satupersen. Skill manajemen waktu ini penting banget, kenapa? Supaya di tengah banyaknya kesibukanmu ini, kamu masih bisa termotivasi untuk produktif! Terlebih lagi, kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya.

Oleh karenanya sangat disarankan untuk membaca artikel ini sampai habis, agar kamu bisa dapat keseluruhan insight-nya tentang bagaimana cara me-manage waktu.

Tugas Numpuk Terus, Gimana Sih Cara Efektif Mengatur Waktu?

Nah, sebenarnya ada hal mendasar banget yang perlu kamu ketahui tentang manajemen waktu. Kunci manajemen waktu yang sukses sebenarnya adalah seberapa kuat motivasi kamu dalam mengatur waktu, supaya kamu bisa lebih produktif.

Terus gimana nih biar motivasi kita menjadi kuat? Nah berdasarkan riset, untuk menciptakan motivasi yang kuat ini setidaknya kita harus menguasai tiga skill utama ini.

Skill Mendasar Manajemen Waktu

Skill pertama adalah awareness, kedua adalah arrangement, ketiga adalah adaptation. Nah, apaan tuh maksudnya?

Jadi, di artikel ini saya akan bahas salah satu skill yang cukup penting dalam hal manajemen waktu. Yaitu gimana caranya supaya kamu bisa nyusun jadwalmu dengan baik setiap harinya. Menyusun itu adalah bagian dari skill arrangement.

Arrangement Skill

Pernah ga sih kamu mikir kalau kamu udah coba buat jadwal sehari-hari, tapi kenapa ya tetap aja banyak yang terlewati.. banyak yang tertunda.. atau gak sempat dikerjain. Padahal kan udah dijadwalin ya? Pada akhirnya bikin kamu bertanya “ini salahnya dimana ya?”.

Sebenarnya ada beberapa hal spesifik dan sederhana nih yang bisa kamu lakuin dan akan ngaruh banget, apa itu? Solusi pertama yang bisa kamu lakukan adalah kamu tetap coba buat jadwal.

1. Buat Jadwal yang Lebih Spesifik

Mungkin kamu udah pernah buat jadwal, kan? Nah, tapi sekarang coba untuk ditulis dengan lebih spesifik, lebih mendetail gitu. Dalam bentuk apa? Dalam bentuk checklist.

Jadi ini yang pertama harus kamu lakukan ya, kamu harus buat checklist. Coba tulis kegiatan apa aja yang mau kamu lakukan dan kapan batas waktunya.

Misalnya hari ini kamu punya jadwal kuliah selama tiga jam, lalu kamu ngerjakan tugas selama dua jam, dan lain seterusnya. Ini sebaiknya kamu susun secara berurutan sesuai dengan prioritas.

2. Buat Kotak Kecil untuk Checklist

Nah, ini adalah langkah keduanya. Kamu buat kotak kecil di sebelah masing-masing list-nya, gunanya untuk apa? Untuk nyoret si checklist-nya itu, jika sebuah tugas yang ada di sebuah list telah berhasil kamu selesaikan.

Biasanya, ada rasa puas dan bahagia tersendiri ketika kamu nyeklis kegiatan-kegiatan yang ada di jadwal itu. Ini juga bisa buat kamu menjadi tambah semangat untuk nyelesaikan tugas-tugas yang lainnya.

3. Beri Reward ke Diri Sendiri

Ketiga, hal yang bisa kamu lakukan adalah ngasih reward ke diri sendiri, ketika semua tugas yang ada di list tersebut berhasil kamu tuntaskan sesuai dengan batas waktunya.

Kamu bisa pakai sisa waktu yang ada untuk istirahat atau buat hiburan. Misal di hari itu kamu berhasil selesaikan tugas kuliah, sudah nyapu-ngepel rumah, dan sudah meeting dengan klien.. sesuai dengan batas waktu yang telah kamu tentuin. Nah, malam harinya kamu bisa santai, nonton serial kesukaan, hangout bareng teman atau tidur lebih cepat.

Akhir Kata

Itulah tips sederhana untuk manajemen waktu. Mulai dari menyusun jadwal, membuat checklist, hingga ngasih reward. Ngomong-ngomong soal checklist, ada kalimat menarik nih yang diambil dari buku ‘The Checklist Manifesto’, apa itu?
“Membuat checklist menjadi cara simpel dalam manajemen waktu, dapat membantu kita untuk lebih fokus pada prioritas kegiatan, disiplin dengan tugas yang dimiliki, dan bisa menjadi pengingat untuk tugas selanjutnya” – Atul Gawande.
Apakah kamu sudah menerapkan tips-tips diatas? Jika kamu punya pandangan lain, tuangkan pemikiranmu pada kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Ikuti artikel terbaik dari blog jokkajo.com dengan Klik Disini
Jangan lupa follow Instagram saya @Jokkajo_, DM saya untuk follow back

Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••