Ada yang baru nih... !Klik Disini

Begini Kisahku Lulus JLPT N3 di Jepang, JLPT Mudah? Sulit Banget !

daftar jlpt cara ikut jlpt lulus jlpt biaya jlpt soal jlpt bahasa jepang soal bahasa Jepang cara belajar bahasa Jepang
JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」
Halo jo, lulus Kemampuan bahasa Jepang dan ikut langsung ujiannya di Jepang mungkin hanya sebuah hal sepele dan tidak begitu menarik untuk dibahas, tapi perlu diketahui bahwa ada effort lebih untuk bisa lulus tes ini. Buktinya tidak sedikit orang yang mencoba ikut ujian kemampuan bahasa Jepang namun hasilnya gagal, itu menandakan terdapat tingkat kesulitan dalam tes kemampuan ini. 

Tes kemampuan bahasa jepang sendiri ada beberapa macam, tapi yang lebih umum ialah JLPT dan JFT. tapi tahukah kamu apa itu JLPT dan JFT? berikut saya berikan uraian singkat untuk mengenali kedua tes kemampuan bahasa jepang tersebut

Apa itu JLPT? JFT?

JLPT adalah singkatan dari Japanese Language Proficiency Test yang berarti tes kemampuan bahasa Jepang yang diperuntukan kepada mereka yang berbahasa Jepang namun bukan penutur asli, JLPT memiliki 5 tingkatan sesuai dengan kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki seseorang. Level N1 adalah level tertinggi dari tes ini, untuk lulus N1 diperlukan hafalan kanji sekitar 2000an kanji dan tentunya hafalan kosa kata yang banyak. sedangkan level terendah adalah level N5 yang diperuntukan kepada mereka yang berkemampuan pemula. JLPT dilaksanakan di 65 Negara termasuk Jepang sebanyak 2 kali dalam setahun yakni bulan Juli dan bulan Desember, pesertanya diperkirakan mencapai 1 juta orang lebih setiap tahunnya. JLPT meliputi tes pengetahuan kosa kata, bacaan, dan pendengaran. Hasil dari tes ini akan diumumkan 2 bulan setelah tes.

JFT adalah Japan Fondation Test for basic yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan bahasa jepang seseorang yang akan menjalani kehidupan sehari-hari di Jepang dalam rangka bekerja, sehingga yang diujikan adalah kemampuan dasar. sehingga disebutlah tes ini dengan "JFT Basic". JFT Basic diselenggarakan 6 kali dalam setahun yang tanggal pelaksanaan di setiap negara berbeda. JFT tidak terdapat level sesuai kemampuan peserta ujian, hal yang membuat test ini lebih praktis adalah dengan berbasis komputer, sehingga peserta dapat mengetahui hasil 5 hari setelah tes dilaksanakan.

Berapa biaya ikut JLPT?

untuk mengikuti JLPT kamu dibebankan biaya 6500 yen untuk semua level jika dilaksanakan di Jepang, sedangkan di Indonesia bervariasi sesuai level kemampuan. 

N1 :  Rp. 250.000
N2 :  Rp. 220.000
N3 :  Rp. 200.000
N4 :  Rp. 150.000
N5 :  Rp. 140.000

Cara Daftar JLPT di Jepang

untuk mengikuti JLPT di jepang kamu harus mendaftar lewat situs jlpt.jp dan membuat akun JLPT disini https://info.jees-jlpt.jp/


Klik yang di beri kotak merah  My JLPT ID 登録
jika kamu hanya mendaftarkan diri sendiri maka pilih 個人 yang berwarna biru, sedangkan berwarna jingga 団体代表者 jika kamu mendaftar secara kelompok dan maksimal 10 orang. saya anggap kamu hanya mendaftarkan diri sendiri saja, lalu


pilih bahasa, mau bahasa Jepang atau bahasa Inggris.  saya memberikan contoh dengan bahasa Jepang

lalu tampil syarat dan ketentuan yang harus kamu setujui. pilih 同意する/Setuju


氏名 (nama lengkap)
国.地域 (negara asal)
第一言語 (bahasa ibu/bahasa indonesia)
性別 (jenis kelamin ) 男性 (laki-laki) 女性 (perempuan)
生年月日 (tanggal lahir)
郵便番号 (kode pos tempat tinggal di Jepang, digunakan untuk mengirim vocer ujian dan hasil ujian)
都道府県 (prefektur domisili di jepang)
住所 (alamat)
1日本国内 (alamat lengkap sampai dengan nomor wilayah 番地)
2日本国内 (alamat gedung atau apato tempat tinggal disertai nomor kamar)
電話番号 (nomor telepon, bisa nomor telepon Indonesia)
FAX番号 (nomor fax, boleh dikosongkan)
電子メールアドレス (alamat email aktif, digunakan untuk mengirim pemberitahuan terkait tes)
パスワード (pasword akun, harus berisi huruf besar, angka dan huruf kecil)
お知らせメール  (email pemberitahuan dari JLPT) 受け取る(terima) 受け取らない (tidak terima)

lalu pilih 内容確認 untuk memastikan data data tersebut sudah benar
Setelah ID nya jadi silahkan login ke my jlpt untuk mendaftar, pendaftarannya akan dibuka sekitar 2 bulan sebelum jadwal ujian.

Kisah Lulus JLPT N3

ini adalah kisah yang ingin saya bagikan lewat tulisan ini, mungkin hanya kisah yang biasa saja tapi perlu saya bagikan sebagai referensi bagi yang ingin mengikuti JLPT.

saya sebelumnya belum pernah mengikuti ujian JLPT resmi di Indonesia, pernah mengerjakan soal yang dipersamakan dengan ujian JLPT dan hasilnya saya tidak lulus, itupun untuk level N4.

kemudian saya datang ke Jepang sekitar bulan 9 tahun 2022 dimana pendaftaran JLPT gelombang 2 di tahun itu sudah ditutup, niat hati ingin mencoba JLPT N4 tapi karena kendala tersebut maka saya memutuskan untuk melanjutkan pelajaran ke level berikutnya yaitu level N3.

Level N3 lumayan ngeri sedap, mendengar cerita senior di tempat kerja yang sudah beberapa kali gagal di level ini membuat saya tidak yakin dengan kemampuan sendiri untuk mendaftar ujian level N3. tapi saya berusaha belajar, tentunya belajar secara otodidak karena tidak ada fasilitas sekolah bahasa Jepang di sekitar tempat tinggal.

saya berusaha belajar bahasa Jepang dengan berbagai cara, contoh kecilnya saya selalu berusaha untuk mencari tahu kanji yang baru pertama kali dilihat, sebisa mungkin saya harus mendapatkan makna kata yang di maksud.

kemudian lebih suka membaca berita dalam bahasa Jepang di aplikasi Easy Japanese, diaplikasi tersebut juga bisa bisa langsung mempelajari arti dari kata yang tidak dipahami, nah dengan begitu saya akan lebih familiar dengan huruf kanji atau kosa kata bahasa Jepang.

mencatat, ini adalah teknik ampuh untuk belajar. karena dengan mencatat memori akan 3 kali memproses pengenalan kosa kata yakni dengan hafalan, menulis dan membaca. jika ada kotoba baru maka saya usahakan untuk di catat agar tidak lupa begitu saja.

buku pelajaran yang saya gunakan adalah buku dari Gakushudo, buku ini telah memberikan bantuan penjelasan yang baik menurut saya, penjelasan yang tidak bertele-tele sehingga mudah dipahami. banyak yang bertanya tentang rekomendasi buku belajar bahasa Jepang, maka saya sendiri merekomendasikan buku Gakushudo untuk dijadikan bahan rujukan untuk belajar bahasa Jepang.

selain itu saya juga menonton beberapa Channel Youtube untuk menambah pengetahuan bahasa Jepang, pertama saya sering menonton video pelajaran bahasa Jepang dari Nihongo No Mori, channel ini diampu langsung oleh orang Jepang bernama Yuki Sensei dan beberapa rekan kerjanya, penjelasan yang baik dalam bahasa Jepang sangat membantu dalam memahami maksud sebuah pola kalimat. Kedua saya juga sering menonton video pelajaran bahasa Jepang Kinoko Channel, pemilik channel ini adalah orang Indonesia sehingga penjelasannya dalam bahasa Indonesia tentunya. Dari kedua channel ini saya lebih mendapatkan pengetahuan bahasa Jepang yang kadang sulit dipahami dalam bentuk tulisan.

tibalah di waktu ujian JLPT gelombang I tahun 2023, yakni di bulan Juli. sebagai orang yang belum pernah ikut ujian JLPT maka saya banyak bertanya kepada senpai tentang persiapan apa saja yang saya siapkan untuk mengikuti tes, kemudian hal-hal apa yang dilarang ketika tes berlangsung.

cukup menegangkan pada intinya, namun ini adalah konsekuensi yang harus saya jalani dan dituntaskan. Alhamdulillah, tes JLPT hari itu saya lalui dengan perasaan lega dan tidak begitu khawatir untuk tidak lulus karena sebagian keyakinan saya mengakatan bahwa lebih dari separuh materi yang diujikan telah saya kuasai, beberapa kanji pun bisa terjawab.

ada satu hal unik mengenai kanji, sebelum keluar apato saya menulis beberapa pesan untuk ditempel depan pintu jika ada barang yang datang. kanji itu adalah 留守 (rusu) yang berarti tidak ada dirumah. Rupanya kanji tersebut keluar dalam soal ujian JLPT 2023 bulan juli, saya yang sudah menulisnya sejak pagi tentu langsung bisa membedakan mana kanji yang benar.

sehari setelah JLPT sudah banyak bertebaran bocoran soal dan jawaban JLPT 2023 bulan juli, saya berusaha menghitung capaian saya dengan kunci jawaban yang ada. Dari perhitungan kasar, ternyata saya tidak lulus karena nilai rata-rata tidak mencukupi. lemas sudah rasanya, berjuang beberapa bulan namun hasil tidak sesuai harapan.

karena sudah tahu saya tidak lulus, maka mau tidak mau harus belajar lagi untuk level N3, hari demi hari bulan berganti bulan datanglah pengumuman JLPT di bulan agustus. Tadinya tidak ingin di cek lagi karena hasilnya sudah ketahuan, tapi untuk memastikan saja saya tetap membuka situs JLPT untuk melihat hasilnya.

dan,,. betapa kagetnya yang tertulis disana adalah "Passed" atau lulus. sangat senang tentunya, tes yang banyak menggagalkan orang lain, ternyata saya berhasil lulus dengan nilai yang lumayan bagus.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat. 

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

___________________________________
Baca Artikel Islami di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja dan Keuangan di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_ 
Baca ini :
"Sebaik-baik Manusia Adalah Yang Bermanfaat Untuk Manusia Lainnya" -Muhammad SAW-