Ada yang baru nih... !Klik Disini

Gabung Grup WHATSAPP Bahasa JepangGabung

Serunya Liburan Perusahaan Ke Okinawa, Holiday Trip 2023

okinawa trip holiday foto okinawa tempat wisata okinawa magang jepang libur kaisha jalan-jalan ke okinawa tempat bagus di jepang tempat wisata jepang
JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」
Halo jo, Kali ini sebuah cerita yang akan saya bagikan adalah tentang serunya liburan perusahaan Jepang tempat dimana saya bekerja, jadi perusahaan dimana saya bekerja memiliki agenda rutin setiap tahun melakukan liburan atau dalam bahasa Jepang disebut りょこう (Ryokou) yang biasa dilaksanakan pada bulan Mei atau sekitar musim panas. Tapi kali ini waktunya sedikit dimajukan di bulan april karena beberapa pertimbangan perusahaan.

Liburan kali ini kita akan diajak ke pulau Okinawa yakni perfektur paling selatan Jepang, istimewanya pulau ini ialah memiliki iklim yang sangat mirip dengan di Indonesia yakni tropis.

Hari Pertama Liburan Okinawa

Persiapan Menuju Fukuoka Ken

Pukul 5.20 pagi di hari Sabtu tanggal 11 Februari 2023 kami dijemput oleh mobil perusahaan menuju tempat berkumpul sebelum menuju bandara, sekitar 16 orang Indonesia dan 26 orang pekerja Jepang asli (pekerja lain tidak ikut) tepat pukul 6.00 bus mulai perjalan menuju bandara Fukuoka. perjalanan dari Oita Ken menuju Fukuoka Ken memakan waktu lebih kurang 2 jam 1 menit.

Sebenarnya di Oita Ken terdapat bandara namun oleh agen perjalanan yang menangani Ryoko Perusahaan kali ini memilih bandara Fukuoka sebagai titik pemberangkatan menggunakan pesawat menujur Okinawa.

Bus akhirnya tiba di Bandara Fukuoka sekitar jam 8.10, proses check in dan pendaftaran bagasi pun selesai, kebetulan saya hanya membawa 1 tas ransel ukuran sedang jadi tidak perlu dimasukan ke bagasi. menunggu 1 jam di Bandara Fukuoka (福岡空港)akhirnya kita take off pukul 9.10 menuju Bandara Naha (那覇空港)di Okinawa

Akhirnya landing di bandara Naha sekitar Pukul 11.05, setelah menyelesaikan semua proses pengambilan bagasi kemudian kita langsung dipandu oleh (担当者)tantousha atau penanggung jawab dari agen perjalanan menuju tujuan wisata pertama.

Kesan pertama sampai di Okinawa adalah panas, karena sebelumnya di Oita dan Fukuoka suhunya sekitar 6-9 derajat celcius sedangkan di Okinawa suhu sekitar 20-22 derajat celcius, suasana yang benar-benar seperti di Indonesia dan tanaman tropis seperti Kelapa dan palem yang lumayan banyak

Himeyuri Peace Museum (ひめゆりの塔)

Himeyuri Peace Museum

Sebelum masuk ke Museum Himeyuri kita makan siang di salah satu restorang dekat museum tersebut, hidangan ala Jepang tentunya. Pihak agen perjalanan sudah tahu bahwa kami orang Indonesia semuanya tidak bisa makan daging babi (豚肉) maka sudah disiapkan makanan yang tidak mengandung daging babi tentunya.

Himeyuri adalah sebuah museum sejarah tentang bagaimana sekolah perawat yang menjadi korban perang, padahal para siswanya sempat menolong para korban perang dengan Amerika. menelusuri lorong museum membuat saya merasakan situasi di masa itu, bagaimana kondisi peperangan yang memaksa mereka harus lari dan bersembunyi di gua.

Di pintu keluar museum tersebut terpajang sedikitnya 227 foto siswa dan guru sekolah perawat yang meninggal akibat perang di masa itu.

Ooita no Tou - Konpaku no Tou 大分の塔ー魂魄の塔

Dua bangunan atau tempat ini merupakan monumen peringatan perdamaian di Okinawa, karena berkaitan erat dengan gejolak perang di masa lampau. Ooita no tou dibangun sebagai peringatan bagi mereka yang tewas di masa perang khususnya orang-orang yang berasal dari perfektur Ooita.

Menara Konpaku atau jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti menara jiwa, adalah monumen peringatan dan menara peringatan yang terletak di Komesu, Kota Itoman, di bagian selatan pulau utama Okinawa .  yang dibangun pada Februari 1946 (Showa 21), tak lama setelah berakhirnya Pertempuran Okinawa , oleh penduduk Mawashi-mura , Shimajiri-gun (sekarang bagian dari Kota Naha  ) Ibukota Okinawa.

waktu itu kami tidak berlama-lama karena hujan, jadi langsung diajak ke tempat berikutnya yang fungsi tidak berbeda jauh yakni sebagai media peringatan perang. selanjutnya

Heiwa No Tou 平和の塔

Di tempat ini banyak berdiri prasasti yang bertuliskan nama-nama perfektur di Jepang, terus view yang sangat cantik di tepian tempat ini, karena menghadap laut jadi pemandangannya sangat bagus

Monumen Perdalaian

Ini adalah tempat terakhir di hari ini, kemudian saya dan rombongan diajak ke hotel tempat menginap selama 3 hari di Okinawa.

Hari pertama yang lumayan melelahkan, tapi banyak pelajaran yang bisa diambil dari beberapa tempat yang di datangi. Tidak sedikit tempat di bumi ini menjadi saksi pertumpahan darah. sejatinya perang adalah bentuk penyelesaian masalah paling terakhir, dalam arti sudah tidak ada lagi upaya yang bisa dilakukan atau upaya yang dilakukan tidak membuahkan hasil yang signifikan.

Hari Kedua Liburan Okinawa

Hari kedua, 12 Februari 2023. Cukup cerah dan saya siap untuk melanjutkan wisata di Okinawa, walaupun sudah lihat list tempat tujuan hari ini tapi saya masih penasaran dengan tempat yang akan dituju. Harusnya bagus karena ada kata 公園 こうえん/kouen yang artinya taman

Tounan Shokubutsu Kouen 東南植物公園

Jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah Taman Raya Tenggara, atau bahasa Inggrisnya Southeast Botanical Garden. tempat yang sangat bagus, hampir mirip dengan kebun binatang namun lebih kearah konsep taman.
Photos by Masbayu.eu.org
awalnya saya pikir ini semacam kebun memetik buah, ternyata tidak ada buah yang bisa dipetik dan dimakan secara langsung disini, tempat yang bagus dan banyak pohon membuat pengunjung sangat merasa nyaman. Foto lainnya untuk tempat ini bisa dilihat DISINI

Pemandangan Southeast Botanical Garden Okinawa, Photos by Masbayu.eu.org

Manzamo 万座手

Setelah berkeliling di Southeast Botanical Garden, kita lanjut ke lokasi berikutnya yaitu Manzamo, saya kurang paham apa itu manzamo dan tempat yang seperti apa. saya coba searching Manzamo di google, ternyata semacam tebing yang menghadap laut dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Sepertinya hari ini kami emang lagi disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

Ditempat ini ada sesuatu yang tidak disangka, saat sedang asik berfoto tiba-tiba ada yang mengucapkan salam dengan bahasa Indonesia 'Selamat Siang' adalah kata yang diucapkan. ternyata orang itu orang Jepang. Sebagai orang Indonesia saya kaget dong, namanya orang Indonesia yang gampang bergaul saya berusaha bercakap-cakap.

Mereka pernah ke Indonesia dan memahami beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia, saya pikir mereka orang sekitar (地元/Jimoto/Orang Lokal) ternyata bukan meraka hanya berwisata di Okinawa, aslinya mereka tinggal di Chiba Ken sebuah perfektur yang ada di sebelah timur Tokyo.

Chura Umi Suizokukan 美ら海水族館

Setelah makan siang kita lanjut ke 観光地 (Kankouchi/tempat wisata) berikutnya, di jadwal yang saya baca sih akan ke Suizokukan atau Aquarium (水族館/すいぞくかん/Aquarium). ternyata emang benar sebuah aquarium raksasa dan tempatnya sangat luas. bukan hanya aquarium tempat ini juga ada kolam pertunjukan Lumba-Lumba, museum hewan laut purba dan taman bunga yang indah. Lihat foto lainnya

Churaumi Aquarium, Photos by Masbayu.eu.org

tak terasa berkeliling di tempat ini sudah lebih dari satu jam setengah, dan hari sudah mulai sore. sudah waktunya kembali ke hotel tempat menginap karena jarak perjalanan sekitar 2 jam perjalanan jadi harus segera balik. Dalam perjalanan pulang kita terjebak macet, padahal di dalam tol, ternyata ada pengalihan arus karena perbaikan fasilitas tol. tapi beberapa menit menunggu terbalas dengan pemandangan dari jendela bus yang sangat indah.

Photos by masbayu.eu.org

Hari Ketiga Liburan Okinawa

Hari Terakhir menurut jadwal hanya fokus pada belanja oleh-oleh, dan menikmati beberapa makanan khas okinawa. Karena sudah membeli oleh-oleh di hari kedua, jadi saya tidak begitu sibuk nyari oleh-oleh ketika tiba di tempat perbelanjaan. Okinawa Outlet Mall Ashibina (沖縄アウトレットモールあしびな), bagi yang sangat suka dengan barang branded ini adalah surga karena berderet toko-toko merek terkenal level Internasional. Mulai dari baju, tas sepatu dan lainnya.

Setelah dari tempat ini kita langsung menuju Bandara Naha (那覇空港) karena waktu check in skitar pukul 1.30 waktu setempat. Kita tidak ke hotel lagi karena sebelum berangkat pagi tadi kita sudah check out dari hotel dan membawa semua barang.

Akhirnya liburan selama 3 hari di Okinawa sebuah tempat yang sangat mirip dengan kampung halaman Indonesia, setidaknya sudah bisa menyegarkan pikiran sejenak setelah lelah bekerja.

Kita sampai ke Oita sekitar pukul 7 malam dan cuaca sedikit mendung, oke selesai cerita liburan kali ini. Besok kerja.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

Ikuti media sosial saya
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_
Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••