Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kehidupan Ini Bagai Sepiring Tempe, Ini Maksud Pesan Moralnya

JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」- Halo jo, Kehidupan yang sangat sulit dijalani sering kali mendapat banyak hambatan dari lingkungan bahkan orang terdekat kita sendiri, lalu bagaimana mengatasi masalah kehidupan yang sering muncul begitu saja?

Lihat judul artikel ini, Kehidupan ini bagai sepiring tempe, apa maksudnya?

Ini sebenarnya bukan sebagai analogi yang diciptakan oleh seorang pemikir handal, sederhananya kita terus fokus dengan kehidupan kita tanpa memikirkan kehidupan orang lain apalagi ikut campur dengan kehidupannya.

Belum tentu kita mampu mengatasi masalah dalam hidup diri sendiri, maka akan terbangun hubungan baik dengan sesama. Tapi perlu digaris bawahi bahwa artikel ini tidak mengajarkan untuk bersikap apatis dengan orang yang ada disekitar kita.

Ikut campur kita hanya sekedar menasehati jika ada yang dialami, bukan ikut memberikan keputusan atau bahkan menyebarkan masalah yang seharusnya tidak untuk diketahui oleh orang banyak.

Karena tidak semua orang dapat memahami dengan baik apa yang disampaikan, mungkin kita sering mendengar bahwa “Uang akan berkurang sedikit demi sedikit jika berganti tangan, tapi cerita akan bertambah sedikit demi sedikit jika berganti orang”.

Nah disinilah dibutuhkan kebijaksanaan kita dalam menganggapi penyebaran informasi terkait permasalahan seseorang, apalagi masalah yang disebarkan adalah masalah kehidupan pribadi. Jika kita meneruskan sebuah masalah orang lain hanya akan ada 2 kemungkinan.

Jika apa yang disampaikan tersebut adalah benar maka dipersamakan dengan ghibah, sedangkan jika salah maka itu adalah fitnah. Karena tidak ada sisi baiknya maka lebih baik kita meninggalkan. Tidak perlu terlalu dalam mengurusi permasalahan orang lain.

Banyak kisah inspiratif dari seseorang yang dapat kita teladani dan tiru, ketika mendapati dua sisi dari seseorang maka jangan melirik pada keburukannya, namun ambil sisi baik yang ada padanya.

Tidak ada orang yang bisa memastikan dia akan terbebas dari masalah kehidupan, kehidupan terlalu misterius untuk dicari tahu, berusaha menjalani dengan sepenuh hati lebih baik daripada berusaha mencari tahu yang belum terjadi.

Kembali lagi ke judul artikel singkat ini, Kehidupan ini bagai sepiring tempe, karena tidak ada satupun yang “Tahu”.

 


Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat.
Wassalamualaikum.

___________________________________
Baca artikel Dakwah Islam di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Partner Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_ 
Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

2 komentar untuk " Kehidupan Ini Bagai Sepiring Tempe, Ini Maksud Pesan Moralnya"

  1. Hidup harus fokus untuk diri sendiri tetapi tetap peka dengan lingkungan sekitar. Jauhi pergaulan toxic dan selalu berfikir positif👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, hidup harus tetap peka dengan lingkungan sekitar. Apatis hanya akan membuat diri sendiri susah semisal butuh sesuatu

      Hapus
jokkajo