Gabung Grup WHATSAPP Bahasa Jepang Gabung

9 Etika Naik Kereta, Terapkan Agar Tidak Mengganggu Orang Lain

Etika yang baik saat naik kereta, bagaimana cara naik kereta yang baik?

Kondisi dalam kereta

「Assalamualaikum」- Halo jo, hari ini tanggal 24 Januari 2022 saya kembali melakukan travelling singkat ke solo, untuk cerita sebelumnya silahkan baca "Cerita Akhir Tahun 2021 Ke Solo Dengan KRL". Rasanya Solo atau Surakarta secara umum telah memberikan kesan dalam sehingga saya terpanggil hati untuk kesana lagi. 

Menuju solo saya sarankan untuk naik Kereta Rel Listrik (KRL) atau Kereta Prambanan Ekspres (Prameks) karena harga tiket yang cukup murah yakni hanya sebesar Rp. 8.000 saja kamu sudah bisa diantar sampai Solo dengan tujuan 2 stasiun yakni Stasiun Purwosari dan Stasiun Solo Balapan.

Kali ini saya ingin membagikan sebuah tips sederhana terkait etika naik kereta, baik kereta jarak jauh maupun jarak dekat. Sebenarnya tips ini saya sadur dari etika naik kereta yang diterapkan dan dipergunakan oleh masyarakat Jepang, karena di Indonesia Kereta Api juga merupakan transportasi andalan karena praktis maka tidak ada salahnya saya membagikannya kepada orang Indonesia dan juga masyarakat negara lain yang menggunakan Kereta Api.

Saat menulis artikel ini saya sedang dalam perjalanan menuju Solo, mampir di stasiun Lempuyangan Jogja sebuah kalimat unik yang membuat saya sedikit tersenyum. Petugas Keamanan Stasiun yang sedang berbicara menggunakan Handy Talky (HT) menyampaikan pesan 'Berang berang makan coklat, Berangkat..' yang menandakan kereta akan segera diberangkatkan. Temannya di perangkat lain menjawab 'berang berang ora doyan coklat bro'. Hahaa

Oke lanjut ke etika naik kereta api, petugas keamanan mengalihkan konsentrasi saya dalam menulis 

1. Duduk pada tempat yang ditentukan berdasarkan jenis tiket

Kamu pasti tahu bahwa ada beberapa kategori yang membedakan penumpang kereta berdasarkan fasilitas yang di dapatkan selama perjalanan, seperti kelas Ekonomi, Eksekutif dan Bisnis. Kelas tersebut juga terdapat perbedaan harga, yang jelas kelas ekonomilah yang paling murah dan merakyat.

Jangan sampai kamu duduk di gerbong untuk kelas eksekutif sedangkan tiket yang kamu beli adalah tiket untuk kelas ekonomi.

Jika kurang paham atau baru pertama kali naik kereta seperti saya, harap maklum di Sulawesi belum ada Kereta Api. Kamu harus bertanya kepada petugas yang berjaga, tenang saja petugas akan dengan ramah dan senang hati menunjukkan gerbong mana yang harus dinaiki. Ingat 'Malu bertanya sesat dijalan, selalu bertanya tak tahu malu'

2. Jangan makan di dalam kereta jarak dekat

Etika berikutnya jangan makan di dalam kereta api karena sangat mengganggu penumpang lain, akan tetapi jika kamu naik kereta jarak jauh maka tidak mengapa untuk makan dan minum.

3. Tidak merokok di dalam kereta

Dengan adanya kemajuan dan pembaharuan fasilitas kereta api beberapa gerbong dilengkapi air conditoner atau AC sehingga tidak dibenarkan untuk merokok didalamnya. Jika kamu perokok aktif maka harus bersabar selama perjalanan dan utamakan kepentingan orang banyak.

4. Tidak menelpon selama perjalanan

Etika ini mungkin terdengar lucu bagi orang Indonesia, tapi di jepang menelpon atau menggunakan HP selama di dalam kereta, alasannya adalah kenyamanan penumpang lain apalagi menelpon dengan suara keras. Maklum kereta sedikit berisik jadi berbicara harus lebih keras, hindarilah menelpon selama naik kereta.

Maaf saya tidak menelpon, hanya mengetik artikel ini.

5. Tidak berbicara keras

Hampir sama dengan etika sebelumnya, kamu sebisa mungkin untuk menghindari percakapan dengan suara keras. Bahasan pembicaraanmu belum tentu menarik di dengar oleh orang lain, maka kecilkan suara atau jangan berbicara selama perjalanan.

6. Perhatikan barang bawaan

Jika kamu bepergian dan membawa barang bawaan yang banyak, maka jangan letakkan di tempat duduk. Letakkanlah barang bawaan di tempat penyimpanan barang diatas atau letakkan tepat di depan kaki. Namun apabila tempat penyimpanan penuh maka letakkan di pangkuan atau dipeluk di depan dada.

Pada saat berdiri dan membawa tas ransel maka letakkan ransel di depan dada, karena ransel yang digendong akan mengganggu penumpang lain.

7. Berikan orang lain tempat duduk

Duduklah dengan rapi sambil merapatkan lutut, sehingga orang lain bisa menggunakan tempat tersebut. Dalam arti duduklah sedikit rapat jika penumpang ramai, ini berlaku untuk kereta jarak dekat yang posisi duduk saling berhadapan di sisi kiri dan kanan kereta. Akan tetapi ini bisa jadi belum diterapkan karena adanya protokol kesehatan yang mewajibkan menjaga jarak.

8. Jangan duduk di tempat khusus

Tempat duduk khusus biasanya di tandai dengan warna berbeda atau terdapat tulisan peringatan. Tempat tersebut diperuntukkan bagi orang berkebutuhan khusus, orang lanjut usia dan ibu hamil atau ibu dengan balita. Jadi tolong jangan duduki tempat tersebut jika kamu tidak termasuk orang-orang tersebut.

9. Bayar tiket

Di jepang sendiri banyak orang asing yang naik kereta tanpa bayar dengan cara menyelinap di pintu masuk otomatis, akan tetapi di Indonesia pintu masuk otomatis dijaga oleh petugas sehingga tidak ada kesempatan untuk menyelinap.

Nah itulah etika yang harus kamu terapkan selama naik kereta, tetap utamakan keselamatan selama perjalanan.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.com

Wassalamualaikum

Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••