Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Spanyol Banyak Digunakan Di Negara Lain, Apa Alasannya?

Se habla espanol
Se Habla Espanol

「Assalamualaikum」- Halo jo, saat ini saya sedang berusaha mempelajari bahasa spanyol. Sebagai salah satu bahasa yang ingin saya kuasai, bahasa spanyol memberikan kesan baik kepada semua orang yang ketika mengetahui fakta tentang bahasa spanyol.

Jokkajo.com lewat artikel ini sekedar ingin berbagi dan tidak terselip niat lainnya, penggunaan bahasa spanyol yang cukup banyak di beberapa negara menjadi salah satu alasan saya menulis artikel ini.

Saya pertama kali tertarik dengan bahasa spanyol sekitar tahun 2017 akhir, lewat percakapan acak saya bertemu dengan orang Meksiko yang ternyata berbahasa Spanyol. Saya baru tahu bahwa negara di benua amerika tersebut juga menjadikan bahasa spanyol sebagai bahasa nasional.

Berdasarkan data wikipedia setidaknya ada 16 negara yang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa nasional yang diakui secara de facto diantaranya Kolombia, Venezuela, Peru, Ekuador, Guatemala, Kuba, Republik Dominika, Honduras, Bolivia, El Salvador, Nikaragua, Paraguay, Kosta Rika, Panama, Euquatorial Guinea, dan tentunya Negara Spanyol.

Sedangkan penggunaan bahasa Spanyol secara De Jure antara lain Meksiko, Argentina, Chili, Ekuador dan Uruguay.

Jika diperhatikan hampir semuanya adalah negara yang ada di benua Amerika, lalu apakah alasannya?

Setelah saya membaca dari beberapa sumber ternyata penggunaan bahasa spanyol di beberapa negara tersebut dikarenakan invasi spanyol yang sangat besar di abad 15, kekuasaan spanyol menyebar ke berbagai negara.

Imperium spanyol sekitar tahun 1402 - 1521 ei eropa dan berhasil menaklukan penguasa terakhir Granada, kemudian sekitar tahun 1492 seorang penjelajah Christoper Colombus di ijinkan untuk berlayar ke arah barat dan justru menemukan benua Amerika.

Penemuan Colombus inilah yang menjadi awal invasi spanyol ke benua Amerika dan mulai menguasai serta menjajah bangsa asli amerika.

Saya masih ingat apa yang dikatakan oleh orang meksiko 2017 silam itu, walaupun saya menggunakan mesin translator. Saya paham apa yang ingin ia sampaikan, dia mengungkapkan bahwa kedatangan bangsa spanyol ke negaranya selama 286 tahun  telah berhasil merubah segalanya, termasuk bahasa ibu yang berlaku disana. Walaupun ada 68 bahasa pribumi di Meksiko,  bahasa spanyol tetap mendominasi sampai sekarang.

Kemudian saya pun menyampaikan bahwa negara saya pun adalah negara bekas penjajahan Belanda sekitar 4,5 abad namun tidak berhasil merubah bahasa, adat istiadat dan perilaku pribumi secara menyeluruh.

Terlepas dari cerita penjajahan bangsa Spanyol di masa lalu, Bahasa Spanyol yang terlihat menarik untuk dipelajari. Sebelum saya mengetahui adanya sekitar 20 negara yang menggunakan bahasa spanyol, saya sempat chat via aplikasi pembelajaran bahasa dengan seseorang yang berasal dari Ekuador.

Saya berfikir dia hanya orang yang sama seperti saya sedang mempelajari bahasa spanyol, dari caranya membalas percakapan saya memberanikan untuk bertanya tentang bahasa nasional di sana. Ternyata Ekuador juga menggunakan bahasa spanyol sebagai bahasa nasional.

Just for your info, saya saat ini memang sudah mulai belajar bahasa Jepang sejak 1 tahun lalu. Terlihat dari beberapa tulisan tentang Jepang di blog ini, akan tetapi sebelum belajar bahasa Jepang karena tuntutan pekerjaan saya telah tertarik dengan 2 bahasa asing lainnya yakni bahasa Jerman dan bahasa Spanyol. Tapi bukan berarti saya tidak ingin belajar bahasa Arab sebagai seorang muslim, sewaktu dibangku SMA saya pernah mendapat pelajaran bahasa Arab. Namun karena kurang diseriusi membuat semua kosa kata menjadi lupa.

Baca juga : Daftar Kosa Kata Bahasa Jepang

Untuk bahasa Spanyol sendiri saya baru mulai mengulang dan menghafalkan lagi di 2 bulan terakhir ini, seperti mengulang dari nol karena lupa semua kosa kata yang pernah dihafalkan dulu.

Seperti kalimat dasar dalam percakapan me llamo Jokka, mucho gusta yang berarti nama saya Jokka, Senang berkenalan dengan anda. Hablar español, hablo un poco, sólo un poco.

Muchas gracias, doumo arigatou gozaimasu, danke, wa syukron.

--###--

Terima kasih sudah membaca
Ikuti artikel menarik dari blog ini dengan Klik Tombol Ini 

Untuk kerja sama dan promosi silahkan baca halaman ini

Posting Komentar untuk "Bahasa Spanyol Banyak Digunakan Di Negara Lain, Apa Alasannya?"