Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keluar Dari Zona Nyaman Maksudnya Apa? Ini Alasan Harus Keluar Dari Zona Nyaman Beserta Analoginya

Keluar zona nyaman
「Assalamualaikum」- Halo jo, Bagaimana harimu di zona nyamanmu saat ini? Banyak artikel yang telah menulis tentang keluar dari zona nyaman dan masih ada juga yang mempertanyakan keluar dari zona nyaman maksudnya apa?

Dalam tulisan ini jokkajo.com berusaha memberikan sebuah gambaran singkat kenapa kita harus keluar dari zona nyaman dan mencari zona baru yang dapat menempat kita dengan baik, sehingganya akan ada peningkatan dalam hidup kita sendiri.

Keluar dari zona nyaman bukan lirik lagu yang hanya sekedar dibaca dan dinyanyikan, akan tetapi itu adalah usaha atau tindakan untuk melakukan upgrade terhadap diri lewat lingkungan dan nuansa baru dengan harapan dapat menghindari sebuah tindakan biasa atau yang terlalu sering dilakukan.

Tak sedikit orang yang berkata 'keluarlah dari zona nyamanmu' tapi tak tahu harus keluar kemana, melakukan hal baru dimana, dengan konsep apa dan bersama siapa kita keluar dari zona nyaman

Lalu untuk apa keluar dari zona nyaman? Ini 7 alasannya kamu harus keluar dari zona nyaman. Simak dengan teliti

Mengasah Diri Dengan Suasana Baru

Zona yang kamu tempati sekarang tentu saja telah membentuk sebuah pola yang terus menerus dilakukan, bosan? Iya tentu saja kamu bosan dengan aktifitas yang terlalu sering dilakukan kecuali aktifitas yang merupakan kebutuhan pokok. Kamu pastinya tidak akan bosan untuk makan, tapi makan apa di hari itu dapat kamu upgrade atau rubah dengan makanan lain.

Dengan keluar dari zona nyaman, kamu bisa mengasah kemampuan baru atau mencoba yang tak biasa. Terkadang seseorang akan menemukan bagian mana dari dirinya yang paling berkompeten karena sering mencoba hal yang tak biasa dilakukannya

Seperti seorang mahasiswa bidang teknik, dalam perkuliahannya dia hanya berkecimpung pada hal yang berkaitan secara langsung dengan bidang keilmuannya. Akan sangat berbeda dengan seorang mahasiswa bidang teknik tapi memahami persoalan hukum atau bentuk-bentuk perjanjian yang ia dapatkan lewat seminar ataupun sebuah diskusi dengan praktisi hukum.

Dengan berani keluar dari zona nyaman dia mampu mengasah dan mengimbangi pengetahuan lainnya

Baca juga : Pencapaian Di Usia 25 Tahun 

Biar Kamu Tahu Betapa Jahatnya Lingkunganmu

Saya memasukkan poin ini sebagai langkah antisipasi kejahatan lingkungan terhadap diri yang masif dan tak disadari.

Ketika kamu memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman, maka kamu dapat mengklasifikan lingkungan. Mana yang baik dan buruk.

Saya analogikan seakan kamu terbang menjauh dari bumi, sehingga kamu bisa melihat semua bagian bumi yang ada di hadapanmu. Oleh karenanya kamu dapat membedakan bagian bumi yang mana lebih tinggi dan rendah, di sebelah mana lautan dan daratan.

Seperti itu pula ketika kamu berusaha untuk keluar dari zona nyaman, kami dapat mengidentifikasi siapa saja yang terlihat baik namun bersikap tidak seperti yang terlihat, kamu akan tahu bagaimana lingkunganmu memandang orang yang bermasalah.

Melatih Sikap Pengambilan Keputusan

Ketika berada di lingkungan yang baru kamu dituntut untuk dapat menyelesaikan segalanya sendiri, meskipun ada campur tangan orang lain namun eksistensimu lebih besar ketika berada pada situasi tertentu

Dengan keluar dari zona nyama kamu akan paham bahwa setiap permasalahan harus segera diselesaikan, mengambil keputusan dengan sangat cepat dan tentunya tepat. Coba bayangkan jika kamu masih berkutak dengan kebiasaan lama, pastinya kamu hanya terbiasa menerima apa yang telah diputuskan.

Seperti ketika menjadi seorang bawahan dalam sebuah pekerjaan yang menurut kamu itu adalah zona teraman dan nyaman dari sisi penghasilan, tapi hanya menerima semua perintah tanpa tau bagaimana perintah yang diberikan tersebut telah melalui berbagai pertimbangan dan menghasilkan keputusan. Ketika kamu keluar dari zona nyaman dan berusaha memutuskan segalanya sendiri dan untuk orang lain. Maka hebatlah kamu. Btw saya tidak menyarankan kamu untuk resign dari pekerjaanmu

Kamu Akan Tahu Ternyata Dunia Lebih Luas Dari Tempurung

'Seperti katak dalam tempurung' itulah sebuah peribahasa yang menggambarkan seseorang yang hanya terpaku pada dunianya tanpa tahu dunia luar lebih luas dari yang ia bayangkan.

Ayolah dunia ini begitu luas untuk kita jelahahi, jangan sampai waktumu habis dan kamu hanya berputar-putar pada rute yang biasa-biasa saja, coba cari rute lain dan kamu akan paham arah mana yang akan kamu pilih kelak rute biasa bermasalah.

Keluarlah dari zona nyaman yang terkadang tidak terlalu menguntungkan, keluarlah dari cangkang dan tempurungmu itu.

Berani Buat Perubahan Dalam Hidup

Ketika kamu berada pada zona terjauh, maka kamu telah berusaha memberikan suatu sejarah dalam hidup dan akan terkenang hingga jauh dan akan menjadi cerita bagi sanak saudaramu

Keluar zona nyaman dapat berarti kamu memberanikan diri untk menuntaskan pencarian jati dirimu, ketika pada zona nyaman dan kamu tidak merasa ada perubahan yang berarti. Maka saran saya perlu dipertimbangkan

Analogi sederhana, selayaknya ketika kamu tidak merubah hal biasa di usia muda maka tidak ada cerita unik yang bisa dibanggakan dikala tua. Bayangkan ketika kamu bercerita dihadapan anak cucu tapi tidak begitu menarik karena memang hanya cerita yang paling umum. Seperti menceritakan dongeng yang sama setiap hari, atau dongeng yang sama hanya berbeda buku saja.

Tak Semua Orang Sukses Di Zona Nyaman

Saya tidak menyebutkan 'tidak ada yang sukses di zona nyaman', memang ada yang sukses tapi tidak semua dan belum tentu itu kamu.

Banyak kisah sukses dan inspiratif yang menceritakan beberapa orang yang memilih untuk merubah cara kerja atau jenis kerjanya, merubah dengan jenis kerja yang jelas berbeda dan tak berhubungan.

Sukses di tanah rantau lebih membanggakan ketimbang sukses di kampung halaman, meskipun esensi kesuksesan sama. Tapi nilainya yang berbeda.

Orang yang sukses di zona nyaman hanyalah mereka yang menerima pemberian harta warisan, ingatlah lebih baik mandi keringat di masa muda untuk membangun bisnis, daripada tua berebut warisan.

Yakinlah Diluar Sana Lebih Seru

Sangat seru, percayalah saya tidak bohong
Apakah kamu tidak bosan dengan zona yang terlalu konstan tanpa ada perbedaan dari hari ke hari.

Ketika memberanikan diri untuk keluar zona nyaman, kamu akan sadar ternyata ada yang lebih seru daripada hari-harimu itu. Capai mimpimu yang besar itu dan jangan takut untuk bermimpi.

Jangan hanya mengintip dari balik jendela kaca zona nyaman, rekan sebayamu sedang asik ria dengan zona barunya.

Tetap semangat ya jo
Ikuti terus artikel terbaru saya melalui email, cukup Klik Disini dan cek email masuk untuk konfirmasi.

Kunjungi Blog Saya Lainnya
Pantau terus sosmed saya
Instagram : @Jokkajo_ 

Posting Komentar untuk "Keluar Dari Zona Nyaman Maksudnya Apa? Ini Alasan Harus Keluar Dari Zona Nyaman Beserta Analoginya"