Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jangan Salah Sangka Dengan Sikap Diam, Ini Alasannya


「Assalamualaikum」- Halo jo, Tahukah kamu apa saja alasan orang bersikap diam dan tak mau berbicara kepada orang sekitar, lebih tepatnya sikap dingin terhadap segala sesuatu yang terjadi disekitarnya.

Diam memang dianjurkan bagi mereka yang beragama Islam, daripada mengeluarkan kata-kata yang tidak bermanfaat maka lebih baik untuk diam.

Diam dalam artikel kali ini maksudnya adalah sikap diam yang dilakukan oleh seseorang karena sesuatu hal, biasanya diam yang tidak biasa. Bagi sebagian orang diam memang merupakan sifat bawaan yang mengindikasikan orang yang pendiam dan hanya berbicara seperlunya saja.

Sebelum salah sangka, ketahuilah 6 alasan orang diam berikut ini.

Menjaga Perasaan Orang Lain

Orang diam biasanya mendapat sesuatu tekanan dan berusaha menjaga perasaan orang lain, karena tahu betul ketika dia berbicara atau mengeluarkan uneg-unegnya maka akan menyakiti perasaan orang lain.

Bisa jadi apa yang dia ungkapkan adalah isi hatinya, tapi belum tentu orang lain dapat menerimanya. Sehingga lebih memilih diam ketimbang menyampaikannya.

Sikap diam yang satu ini sangat sulit bagi sebagian orang karena menahan beban di dalam hatinya, banyak mereka yang keceplosan dengan apa yang ia rasakan saat itu.

Berpikir

Diam karena berpikir adalah diam yang dimaksud dalam peribahasa 'diam adalah emas' karena dibalik diamnya, seseorang tersebut memikirkan sesuatu hal yang bermanfaat untuk dirinya.

Tapi ada juga mereka yang ketika diam justru memikirkan suatu taktik muslihat untuk menjaili seseorang atau perbuatan lain yang merugikan orang lain.

Orang yang diam sambil berpikir adalah tanda kecerdasan intelektual yang alami, karena mampu menggunakan waktu sebaik mungkin untuk memikirkan sesutau hal. Sehingganya orang seperti ini akan sangat susah tidur saat malam hari karena pikirannya terus bekerja sekalipun mata terpejam.

Banyak Masalah Yang Dihadapi

Orang yang kuat sekalipun ketika diterpa masalah bertubi-tubi akan bersikap diam, masalah yang tak kunjung selesai akan mengakibatkan mental yang melemah dan berujung pada sikap diam.

Masalah hidup yang cukup berat memang akan membuat orang terdiam, kehilangan orang tercinta karena meninggal dunia, dililit hutang, mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), saudara yang sakit berat, ditipu orang adalah masalah yang paling sering terjadi.

Tak sedikit orang yang mengalami gangguan jiwa karena hal ini, yang pada awalnya diam dan malah berhalusinasi. Sehingga mempengaruhi jiwa berkepanjangan.

Sedang Jatuh Cinta

Jangan salah sangka dengan orang diam, karena bisa jadi orang yang tadinya riang suka ngerocos akan menjadi pendiam karena sedang berbunga-bunga dalam hatinya. Berusaha memendam rasa dalam hati akan membuat orang akan terdiam apalagi ketika bertemu dengan orang yang dicintainya.

Diam yang disertai dengan sedikit senyuman malu adalah tanda yang paling umum, jadi gausah heran ketika ada teman atau sahabatmu bertingkah diam seperti ini.

Diam bagi orang yang jatuh cinta bertujuan untuk menjaga image nya dihadapan orang di idamkannya agar tidak ilfeel dengan tingkah anehnya tersebut.

Malu

Malu adalah salah satu alasan orang bersikap diam, tapi bukan berarti orang yang sering berbicara tidak tahu malu. Tolong jangan salah paham dengan hal ini.

Sifat malu bawaan menjadi penyebab seseorang diam pada ruang publik atau dilingkungan pergaulannya. Malu untuk mengungkapkan sesuatu hal, sehingga orang seperti ini akan memiliki banyak tulisan fiksi dalam buku hariannya atau blog pribadinya.

Marah

Alasan yang terakhir adalah marah, orang yang diam ketika sedang marah pun adalah satu masalah bagi orang lain disekitarnya karena tak paham penyebab marahnya.

Tingkat tertinggi dari marah adalah diam, maka berhati-hatilah jika saudara atau orang terdekatmu diam karena marah. Saya sendiri lebih memilih untuk di kata-katain daripada di diamkan ketika orang terdekat sedang marah.

Itulah 6 alasan orang lebih memilih untuk diam, jadi jangan salah sangka dulu ketika ada orang yang diam. Pelajari tingkah lakunya dan lihat alasan mana yang mungkin menjadi penyebab orang tersebut diam.

"Dengan diam kamu selamat dari masalah", ingat mulutmu harimau mu.

Orang Jepang mengatakan 'Kuchi Wa Wazawai no Kado' yang memiliki makna 'Mulut adalah gerbang malapetaka'

Terima kasih telah membaca
Semoga kamu 'diam diam cinta dengan blog saya'
終わりです (owari desu ; Selesai)

Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

Posting Komentar untuk "Jangan Salah Sangka Dengan Sikap Diam, Ini Alasannya"

jokkajo