Ada yang baru nih... !Klik Disini

Gabung Grup WHATSAPP Bahasa JepangGabung

Pesimis Dalam Hidup Apakah Bentuk Kufur Nikmat? Semua Kita Punya Kelebihan !

kisah inspiratif cerita motivasi cerita
JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」
Halo jo,  Apakah kamu pernah berpikir bagaimana masa depanmu nanti, yang kalau dipikir tidak ada hal yang bisa kita banggakan atau menjadi nilai tambah terhadap diri ini? sepertinya kamu tidak sendiri, saya pun juga pernah memikirkan hal yang sama. Nah lewat tulisan ini saya ingin berbagi sedikit penyemangat hidup bagi kita yang terlalu pesimis dalam menjalani hidup.

Bukan sebuah rekayasa makhluk semua kehidupan yang sedang kita jalani, dari sepenggal kata sebelumnya mari kita sama-sama merenung dengan akal sehat dan tenang. Kehidupan yang sedang dijalani ini kita yakini merupakan karya sang maha Agung yang kita imani sebagai Tuhan yang maha esa.

Jika sebuah film yang di gagas oleh seorang sutradara dapat memikat penontonnya, maka bagaimana dengan kehidupan yang kita jalani merupakan hasil ciptaan sang Maha Kuasa, akan tetapi sebagai manusia biasa tentulah rasa kurang sempurna pasti akan muncul dari hati.

Apakah sifat seperti itu bisa kita golongkan kedalam kufur nikmat atau sebuah upaya mengingkari kenikmatan yang sudah diperoleh. 

Berawal dari melihat teman yang sepertinya memilki sesuatu yang lebih dari kita, baik itu materi berupa harta, kemampuan alamiah atau bakat, penampilan baik cantik maupun tampan, kebaikan hati. seiring dengan itu kita harusnya tahu bahwa setiap manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurangan, bisa saja nampak oleh mata kita kelebihannya, tapi siapa sangka dibalik kelebihannya itu terdapat kekurangan yang tidak pernah kita ketahui.

Saya beberapa hari yang lalu berkenalan dengan seseorang dari sebuah jejaring sosial, namanya juga perkenalan tentu sebelumnya tidak pernah saling kenal sebelumnya. Saling ngobrol dan bercerita tentang diri sendiri membuat saya berusaha memahami dan mengambil hikmah.

Jadi orang tersebut adalah seorang wanita berusia sekitar 22 Tahun, dengan awal perkenalan hanya sekedar cerita singkat saya bisa menggambarkan siapa sosok orang ini. Dari beberapa ceritanya ada info menarik yang ingin saya utarakan.

pertama dia adalah mahasiswa akhir Fakultas Kedokteran (FK) di salah satu kampus di Aceh, orangnya bukan orang Aceh melainkan orang Jawa Barat yang kebetulan berkuliah di Aceh, 
kedua saya pikir dalam keluarganya hanya dia yang berkuliah di FK, ternyata semua saudaranya mulai dari 2 kakaknya yang juga lulusan FK, dirinya sendiri dan adiknya yang sama sedang menempuh pendidikan dokter. sebuah hal yang cukup Wow buat saya, secara kita tahu bagaimana susahnya masuk FK dan bagaimana biaya yang harus digelontorkan untuk menjalani pendidikan FK. 
Ketiga dari beberapa hal yang dia ceritakan salah satunya tentang teman yang sangat dekat dengannya, bahkan dia rela menemani temannya itu untuk mengerjakan skripsi dan terus mendorongnya untuk sesegera mungkin menyelesaikan pendidikannya meski keduanya berada di jurusan yang berbeda. sebuah sikap baik bukan? 
Keempat dia punya kemampuan bahasa asing yang lumayan, terbukti dia mampu berkomunikasi dengan baik kepada teman anonymnya asal mesir, tapi ini sebuah kewajaran menurut saya sebuah hal istimewa dari mahasiswa FK. Kemudian dari cara dan gaya bicaranya sangat jelas bagaimana tingkat kecerdasan orang ini.
Kelima sekolah dokter seperti saya ungkapkan diatas bahwa memerlukan biaya yang cukup banyak, ternyata memang orang ini berasal dari kalangan ekonomi atas sehingga persoalan biaya bukan sebuah hambatan yang berarti.

Sebetulnya masih ada hal lain yang tidak bisa saya bagikan lewat tulisan ini, tapi dari 5 hal diatas sepertinya sudah memberikan gambaran yang cukup bagaimana kelebihan yang dimiliki oleh orang ini. Jujur saja saya pun merasa minder dan merasa sangat tertinggal jauh dari orang ini. Saya tidak berani membandingkan dengan keadaan saya di dunia nyata.

Walaupun banyak orang yang memiliki kelebihan, tapi karena saya bercerita langsung dengan orangnya jadi cukup berkesan menurut saya sosok orang ini. salah satu orang hebat yang pernah saya temui.

Tapi, itu hanya kelebihannya yang terungkap. di hari kedua saya ngobrol dengannya mulailah dia bercerita tentang hal yang tidak semua orang terdekatnya mengetahui. apa itu? tentulah hal yang selama ini dia sembunyikan dan dia berusaha berdamai dengan keadaan untuk tidak terlalu sedih dengan hal itu.

Dia bercerita bahwa di usia sekitar 13 tahun dia pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kondisi fatal bagi dirinya, kecelakaan itu beresiko kelumpuhan. Dan benar saja sejak kejadian itu dia merasakan gejala kelumpuhan alat geraknya namun telah diusahakan penyembuhan. Walaupun sudah menjalani berbagai pengobatan tapi tetap saja tidak menjamin kesembuhan seperti normal lagi, beberapa tahun berlalu dan sampai saat ini dia masih sering diliputi kekhawatiran akan resiko terbesar dari kecelakaan tersebut.

Kemudian 2 kakaknya juga yang pernah mengalami kecelakaan dengan resiko berat, yakni kerusakan saraf tulang belakang dan patah tulang. 


Ternyata, saya mulai berpikir lagi dengan nikmat yang sudah saya dapat, dibalik kelebihan seseorang yang sering kita puji terdapat sisi kelam yang pernah mereka lalui. tidak sedikit dari mereka bisa berdamai dengan keadaan. Sulit melupakan dan terus dihantui dengan rasa takut mendalam.

Jadi kamu yang merasa pesimis maka jangan pernah menjatuhkan penilaian dari satu objek penilaian, tapi upayakan mendatangkan pembanding dari subjek yang akan dinilai. orang yang hebat tidak mungkin tidak pernah gagal, orang dengan segala kelebihan tidak mungkin tidak memiliki kekurangan "sekurus-kurusnya ikan pasti ada dagingnya, segemuk-gemuknya ikan pasti ada tulangnya".

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat. 

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

___________________________________
Baca Artikel Islami di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja dan Keuangan di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_ 
Baca ini :
"Sebaik-baik Manusia Adalah Yang Bermanfaat Untuk Manusia Lainnya" -Muhammad SAW-