Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kejamnya Biaya Kredit Motor Yang Tak Terpikirkan, Angsuran Ringan 2 Kali Lipat

JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」- Halo jo, Kredit motor dan mobil yang terlalu familiar di kehidupan masyarakat kita sepertinya adalah hal yang tidak mengagetkan jika dibahasa dalam sebuah artikel singkat ini. Tapi sepertinya kamu boleh mencoba membaca sejenak tentang hal yang sering kali diabaikan ketika akan membeli motor dengan cicilan per bulan alias kredit.

Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya jasa kredit motor dengan berbagai keunggulan mulai dari angsuran ringan, tanpa verifikasi rumah, kemudahan proses, dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan tidak lain adalah sebuah teknik marketing dari jasa kredit tersebut.

Kredit motor berbagai merek mulai dari kredit motor honda, kredit motor Yamaha, kredit motor kawasaki adalah sebuah kesempatan bagi mereka yang tak memiliki cukup dana untuk mendapatkan kendaraan bagus tersebut. Meskipun kredit mobil dan barang lainnya pun dijalankan, namun pada artikel kali ini JokkaJo.Com mencoba menguak sebuah fakta terkait perilaku kredit yang dinilai aneh tapi di maklumi.

Harga Motor Kredit Vs Beli Cash


Photos

Pernahkan kamu membandingkan harga motor kredit dan harga cash ? bagi yang belum pernah mungkin harus mengetahui hal ini.

Mari saya contohkan kredit motor Honda yang paling familiar di Indonesia, saya mengambil contoh motor tersebut bukan berarti saya berafiliasi atau menjatuhkan pasaran jenis motor tersebut.

Dikutip dari www.oto.com harga OTR (On The Road) motor Honda varian Beat CBS adalah Rp. 18.820.000, ini harga dasar motor tersebut jika kita membelinya cash di Dealer Honda Terdekat di kota kita. Tapi bagaimana jadinya jika kita membelinya dengan sistem kredit ke pihak finance?

Hampir semua Jasa Kredit kendaraan bermotor menetapkan DP (Down Payment) atau uang muka untuk setiap kendaraan, nah DP harus dibayarkan di awal, yaiya namanya aja uang muka bukan uang belakang.

DP Kredit motor Honda Beat CBS berada di kisaran 3-4 Jutaan, Kita simulasikan DP adalah Rp. 3.000.000, kemudian angsuran perbulan Rp. 700.000 selama 3 tahun (36 bulan). Mari kita jumlahkan berapa sih harga motor jika dibeli dengan sistem kredit.

DP:3.000.000
Angsuran:700.000 x 36 = 25.200.000
Total:28.200.000

harga 28 jutaan untuk sebuah motor yang dibayar kredit, lumayan besar bukan? selisih dengan harga otr adalah Rp. 9.380.000. 

9 juta lebih dibayarkan kepada pihak pembiayaan yang memberikan kredit kepada kita, ini yang terkadang diketahui oleh calon pembeli tapi berusaha di hilangkan dari pikirannya.

Sangat kejam harga untuk sebuah motor kredit, bahkan tidak sedikit orang yang melakukan kredit motor tapi kandas di tengah jalan. Lalu motor tersebut menjadi milik siapa? Meskipun kita sudah membayarkan kredit lebih dari separuh jumlah bulan yang ditentukan. Sangat jelas dan dipahami bahwa motor tersebut bukan milik dari si pembayar kredit.

Kurang kejam?
Silahkan tambahkan di kolom komentar blog ini.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat.
Wassalamualaikum.

___________________________________
Baca artikel Dakwah Islam di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Partner Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @Jokkajo_ | Facebook Jokka Jo / Jokkajo Update | Pinterest Jokkajo_ 
Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

Posting Komentar untuk "Kejamnya Biaya Kredit Motor Yang Tak Terpikirkan, Angsuran Ringan 2 Kali Lipat"