Ada yang baru nih... !Klik Disini

Gabung Grup WHATSAPP Bahasa JepangGabung

Cara Menyimpan Sayur, Catat Hal Berikut Ini Agar Sayur Tidak Cepat Busuk

cara menyimpan sayur di kulkas agar tahan lama, cara menyimpan sayur tanpa kulkas, cara mengemas sayuran,
sayuran

「Assalamualaikum」- Halo jo, Sayuran adalah bahan makanan yang memiliki kandungan air tinggi sehingga bisa mempercepat pembusukan, nah bagaimana cara menyimpan sayur dengan benar? Ada baiknya menyimpan sayuran di kulkas atau lemari pendingin, tapi perlu diketahui bahwa ada beberapa sayuran yang tidak boleh masuk kulkas.

Untuk menghemat waktu, banyak ibu rumah tangga yang memilih membeli sayuran dalam jumlah banyak sekaligus sebagai stok persediaan dirumah. Nah, agar kondisinya tetap baik terapkan cara menyimpan sayuran di kulkas berikut ini, Jokkajo.com melalui artikel ini telah merangkum beberapa tips menyimpan sayuran di kulkas agar awet sehingga dapat menghemat pengeluaran kamu.

Cara Menyimpan Sayur Yang Benar

1. Sortir Bahan Sayuran

Tips menyimpan sayuran di kulkas pertama adalah melakukan penyortiran bahan makanan yang kamu beli terlebih dahulu. Bahkan sayuran yang dari supermarket atau pasar tradisional pun pasti memiliki bagian yang sudah menguning dan kecokelatan. Potong atau bersihkan akar sayuran dan bagian yang sudah tampak akan membusuk agar tidak menjalar ke area lain.

2. Cuci Dan Keringkan

Berikutnya adalah mencuci dan mengeringkan sayuran, sayuran yang sudah dibeli langsung dicuci bersih dengan air mengalir atau bisa juga dengan sabun anti bakteri ke seluruh bagian sayuran. Agar semua kotoran dan bakteri yang menyertai lepas dari permukaan sayur. Perlu diingan ya bahwa Bakteri dan kotoran menjadi salah satu faktor yang mempercepat proses pembusukan pada sayuran. Setelah dicuci, sayur di lap dan keringkan dengan kain.

3. Pilah Sayuran Berdasarkan Kondisi

Pisahkan sayuran yang tahan lama tanpa kulkas seperti Kentang, Ubi jalar, Tomat, Bawang merah, bawang putih, Wortel dan seledri. Dengan memisahkan sayuran yang tidak harus masuk kulkas dapat memberikan ruang atau space untuk sayuran yang wajib disimpan dalam kulkas. Jangan lupa memisahkan sayuran dan buah untuk menghindari lecetnya bagian pada buah.

Tidak perlu memasukan sayuran seperti mentimun karena justru akan membeku, atau kemangi yang akan cepat layu

4. Bungkus Sayuran Atau Masukan Kedalam Wadah

Cara menyimpan sayuran di kulkas dengan tupperware atau wadah kedap udara juga disarankan untuk menghindari sayuran cepat busuk, bisa juga dibungkus menggunakan plastik atau kertas. Perlu diperhatkikan cara mengemas sayuran agar tahan lama selama disimpan di dalam kulkas, yakni dengan membuat sedikit rongga sebagai sirkulasi udara pada bahan pembungkus.

Dengan memasukkan ke dalam wadah dapat meringkas tempat dan dapat menyimpan sayuran yang sudah dipotong seperti kangkung agar tidak layu, menyimpan sawi di kulkas yang sudah di rajang kecil. 

5. Tata Sayuran Dengan Baik Di Kulkas

Dengan menata sayuran dengan baik di dalam kulkas akan lebih membuat isi kulkas rapi, letakkan sayuran yang akan digunakan terlebih dahulu pada bagian depan atau rak ter atas. Sayuran dengan bobot lebih berat ada baiknya di simpan di rak paling bawah atau di rak yang paling kokoh.

6. Cek Berkala Sayuran Dan Suhu Kulkas

Terakhir cara menyimpan sayuran agar tahan lama di kulkas adalah melakukan pengecekan secara berkala agar mengetahui sayuran mana yang mulai terlihat membusuk, kemudian suhu kulkas agar tidak terlalu dingin untuk menghindari pembekuan karena dapat merusak cita rasa.

Itulah tips menyimpan sayuran di dalam kulkas agar tetap awet dan tahan lama tidak mudah busuk, terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com.

Semoga bermanfaat, Wasalamualaikum.



Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••