Ada yang baru nih... !Klik Disini

Gabung Grup WHATSAPP Bahasa JepangGabung

Jepang Negara Gempa Bumi, Tapi Orangnya Takut Kebakaran

Alasan orang jepang takut kebakaran, padahal negara tersebut sering terjadi Gempa Bumi setiap tahunnya

Kebakaran

「Assalamualaikum」- Halo jo, kembali lagi dengan tulisan Tentang Jepang yang sempat terdahului oleh beberapa artikel sebelumnya. Tulisan kali ini membicarakan tentang negara Jepang, perlu diketahui Jepang adalah negara Gempa Bumi dengan jumlah terjadinya gempa setiap tahunnya cukup dibilang luar biasa.

Karena kepulauan Jepang terletak di sepanjang Ring of Fire, daerah pertemuan beberapa lempeng tektonik, sehingga rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, dan letusan gunung berapi. Selain itu, kondisi lautnya membuat negara ini rentan terhadap tsunami ketika gempa bumi terjadi di bawah atau di dekat laut. 

Dibawah ini adalah gambar yang bersumber dari instansi pemerintah Jepang dibidang mitigasi bencana, gempa bumi tersebar diseluruh dataran Jepang yang memanjang dari utara sampai selatan atau dari daerah Hokkaido sampai Okinawa.

Peta Gempa Bumi Jepang

Dengan seringnya terjadi gempa di Jepang membuat masyarakatnya menjadi tidak begitu takut dan mulai terbiasa dengan kondisi negaranya, berbagai pelatihan dan simulasi pun digelar untuk persiapan menghadapi bencana.

Tempat publik pun disiapkan untuk menjadi pusat pengungsian atau dalam bahasa jepang disebut 避難所 (Hinanjho).

Tapi tahukan kamu ada hal yang lebih ditakuti orang jepang, yaitu kebakaran atau dalam bahasa Jepang disebut 火事(kaji) Kenapa orang jepang begitu mengkhawatirkan kebakaran?

Alasannya adalah kondisi dan konstruksi rumah orang Jepang yang banyak terbuat dari kayu dengan tujuan memaksimalkan bangunan anti Gempa, kayu merupakan bahan yang mudah terbakar tentunya.

Saluran gas di Jepang tidak sama dengan yang ada di Indonesia, sistem Gas rumah tangga di Jepang selayaknya Penyaluran Air PDAM di Indonesia yang disalurkan dengan pipa. Tidak menggunakan tabung gas. Karena lupa menutup keran gas utama atau Notosen saat bepergian menjadi salah satu penyebab kebakaran di Jepang.

Ditambah lagi pada saat musim dingin, ketika udara kering dan tingginya tingkat penggunaan mesin pemanas ruangan atau ストブ (sutobu) saat musim dingin.

Saat musim dingin yang terjadi sekitar bulan Desember hingga Januari suhu udara bisa turun sampai 0°C dan kurang dari itu hingga minus di beberapa derah di utara Jepang.

Orang pada umumnya pasti berpikir bahwa saat musim dingin sangatlah tidak mungkin terjadi Kebakaran, namun dengan penjelasan ilmiah bahwa udara kering yang dapat memudahkan tersulutnya api, Mematahkan anggapan tersebut.

Masyarakat Jepang sering mendapat edukasi dan simulasi terhadap penanggulangan kebakaran, seperti hal yang harus dilakukan saat kebakaran, menelpon 119 sebagai nomor resmi pemadam kebakaran Jepang.

Akhirnya, itulah sedikit informasi tentang negara Jepang, sampai jumpa ditulisan selanjutnya

'Tetap sehat dan jangan gila'
Baca artikel menarik lainnya di JokkaJo.Com, semoga bermanfaat.

Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••