Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengaktifkan Dan Menampilkan Follower Facebook Di Android

Tampilan Facebook di HP
「Assalamualaikum」- Halo jo, Facebook sebagai salah satu media sosial paling populer saat ini dengan pengguna yang tersebar di seluruh dunia, per bulam Januari 2021 saja pengguna Facebook mecapai 2.7 Miliar Pengguna dan jelas menempatkan Facebook sebagai platform dengan pengguna terbanyak di dunia.

Saat berselancar di dunia Facebook, kamu pasti pernah mengunjungi profil seseorang. Tapi ada sesuatu yang berbeda di akun tersebut.. dia memiliki pengikut! Tunggu dulu, bagaimana mungkin akunnya bisa memiliki pengikut, sedangkan di akun Facebook kamu sendiri tidak ada fitur pengikut tersebut.

Pada dasarnya, siapapun bisa mengaktifkan fitur pengikut ini di akunnya, lho! Asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan Facebook.

Di artikel ini, penulis akan membagikan tata cara untuk mengaktifkan fitur pengikut di Facebook, agar pengguna lain bisa mengikutimu. Tidak sampai disitu, penulis juga akan memberitahu langkah-langkah atau cara men-setting akun Facebook agar profilmu bisa menampilkan jumlah pengikut.

Kita mulai dari langkah yang paling dasar, yaitu cara mengaktifkan fitur followers atau pengikut di facebook.

Cara Mengaktifkan Fitur Pengikut di Akun Facebook Melalui Aplikasi

Icon Facebook
Kita akan membahas cara mengaktifkan fitur pengikut melalui aplikasi, agar pengguna lain bisa mengikutimu. Sebenarnya selain lewat aplikasi, kamu juga bisa mengaktifkannya melalui website. Namun tentu saja, siapapun tahu bahwa lebih mudah mengakses aplikasi dibandingkan mengakses website yang mana harus membuka browser terlebih dahulu. 

Nah, untuk mengaktifkan fitur pengikut melalui aplikasi Facebook, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke Aplikasi Facebook

Langkah pertama yaitu masuk ke aplikasi Facebook. Jika kamu belum memiliki akun, silahkan buat akun dan log-in terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat tampilan halaman beranda.

2. Klik Icon Menu Hamburger

Tampilan option setting
Setelah kamu login dan berhasil masuk ke beranda, kamu akan melihat ikon menu hamburger. Seperti apa ikon hamburger itu? Sudah pasti bentuknya seperti hamburger atau burger. Jika kamu berada di beranda Facebook, kamu akan melihat ikon tersebut di sudut kanan atas. Klik ikon tersebut, untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Masuk ke Menu Pengaturan & Privasi

Pengaturan dan privasi facebook
Kamu sudah mengklik ikon hamburger, dan melihat beberapa daftar menu disana. Sekarang tugas kamu adalah men-scroll kebawah, maka kamu akan menemukan menu “Pengaturan & Privasi”, klik menu tersebut.

4. Klik Bagian Pengaturan

Pengaturan facebook
Setelah kamu mengklik menu Pengaturan & Privasi, kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan seperti pengaturan, pintasan privasi, dan lainnya. Pilihlah bagian Pengaturan.

5. Masuk ke Pengikut & Konten Publik

Setelah facebook
Oke kamu sudah memilih bagian pengaturan, dan ternyata kamu dihadapkan dengan beberapa pilihan lagi. Pilihlah bagian Pengikut & Konten Publik.

6. Jadikan Publik

Setelan publik facebook
Setelah masuk ke menu Postingan Publik, kamu dapat mengelola siapa saja yang dapat mengikuti kamu, dan siapa saja yang dapat melihat pengikut kamu di linimasa.

Jika kamu ingin agar pengguna lain dari seluruh dunia dapat mengikutimu, maka pilih pilihan “Publik”. Setelahnya, akun kamu bisa diikuti oleh pengguna lain.

Baca Juga : Cara Cepat Mendapatkan 1000 Follower Pertama di Instagram

Cara Menampilkan Jumlah Pengikut di Profil Facebook

Kamu sudah mengelola pengaturan siapa saja yang dapat mengikutimu, dan telah memilih publik. Namun kenapa di profilmu belum ada tampilan berapa jumlah orang yang mengikutimu ya? Itu karena kamu belum mengaturnya, simak langkah mudahnya berikut:

1. Buka Aplikasi Facebook dan Masuk ke Profil
Tampilan profil facebook

2. Pilih “Edit Detail Publik”
Profil facebook

3. Klik Edit di Detail
Setelan facebook

4. Hidupkan Centang “Diikuti oleh sekian orang”
Setelan facebook

5. Simpan Pengaturan

Maka selamat, kamu sudah berhasil menampilkan jumlah pengikut di profilmu.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pengikut di Facebook?

Nah setelah kamu mengelola pengaturan privasi seperti yang sudah kita bahas di awal artikel, maka ketika pengguna lain mengirimkan permintaan pertemanan atau friend request kepadamu, maka pengguna yang mengirim permintaan tersebut telah dihitung sebagai pengikutmu.

Perlu diperhatikan, jika kamu menerima atau menolak permintaan pertemanan tadi, maka pengguna tersebut secara otomatis akan terhapus dari daftar pengikutmu. Oleh karenanya, biarkanlah permintaan pertemanan tersebut tetap berada di waiting-list.

Tetapi jika orang yang meminta pertemaan kepadamu adalah orang yang kamu kenal.. seperti teman, saudara, dan orang yang kamu kenal lainnnya, sebaiknya kamu tanggapi ya!

Akhir Kata

Selamat, kamu sudah berhasil mengaktifkan dan menampilkan jumlah pengikut di Facebook. Kini, kamu tinggal menunggu seseorang untuk mengirimkan permintaan pertemanan dan menjadi pengikutmu. Jika kamu memiliki pendapat, silahkan tulis di kolom komentar. Samai jumpa di artikel berikutnya!

°°°°°
Baca Juga Tulisan Tips dan Trik lainnya di Jokkajo.com yang ditandai dengan label Tips&Trik. 

Untuk membaca artikel karya Kontributor Jokka Jo silahkan lihat label atau kategori Kontribusi

Ikuti saya di Instagram @JokkaJo_ 
(Tetap Sehat Dan Jangan Gila)

Wasalamualaikum

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengaktifkan Dan Menampilkan Follower Facebook Di Android "