Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Jitu Untuk Mendapatkan 1000 Followers Instagram Pertama

Logo Instagram
Instagram

「Assalamualaikum」- Halo jo, Di dunia digital saat, banyak sekali aplikasi dan platform media sosial yang hadir, salah satunya adalah Instagram. Platform yang dikembangkan oleh Facebook ini adalah salah satu media sosial yang paling populer di dunia.

Menurut data dari platform katadata.co.id, di Indonesia sendiri Instagram memiliki basis pengguna sebesar 97,11 juta pengguna. Itu artinya, sepertiga dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini memilih Instagram untuk dijadikan salah satu media sosialnya.

Dengan ramainya orang-orang menggunakan Instagram, tentu saja setiap orang ingin akunnya mendapat interaksi dan memiliki jumlah followers yang besar. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ladang bisnis seperti masuknya iklan atau endorsement, mempromosikan produk yang dimiliki, atau hanya untuk mendapatkan popularitas saja.

Terlepas dari semua itu, ada hal penting yang perlu diperhatikan agar orang tertarik untuk mengikuti akun Instagram kamu, terutama untuk mendapatkan seribu followers pertama.

Ada apa dengan seribu followers pertama? Sebab, setelah kamu berhasil mencapai angka seribu pengikut, maka selanjutnya akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan interaksi pada postinganmu.

Nah pada artikel ini, penulis sudah merangkum beberapa tips untuk mendapatkan 1000 followers Instagram pertama. Simak tipsnya dibawah, setelahnya kamu akan lebih mudah untuk meraih lebih banyak pengikut.
1K follower IG
 1K Folower IG

Tips Mendapatkan Seribu Followers Pertama


1. Tentukan Niche atau Tema Akun

Kamu lebih memilih untuk mengikuti akun yang berfokus pada satu tema, atau malah akun yang memposting hal-hal random atau acak? Ya, sudah tentu kamu akan memilih akun yang berfokus pada satu tema.
Di Instagram sendiri, kamu dapat menemukan beragam akun dengan tema yang menarik. Kamu bisa mengikuti jalannya dengan memilih satu tema yang kamu sukai.

Jika kamu hobi olahraga seperti sepakbola, kamu bisa membuat akun dengan tema yang berbau sepakbola juga. Jika kamu suka seni dan desain, buatlah akun yang temanya khusus tentang desain.

Setelah kamu memilih satu tema, maka rutinlah membuat postingan yang berkaitan dengan tema yang kamu pilih. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengenali  target market-mu.

2. Pasang Bio Profil yang Menarik

Hal pertama yang dilakukan orang lain saat mengunjungi akunmu adalah melihat bio profilmu. Buatlah deskripsi bio semenarik mungkin, setidaknya agar mereka bisa tahu topik apa yang dibahas pada akunmu.

Agar peluang mendapatkan pengikut baru semakin besar, lebih baik lagi kamu menuliskan manfaat apa yang akan followers-mu dapatkan jika mengikuti akunmu.

3. Berinteraksi di Akun dengan Tema Serupa

Kamu sudah memilih satu topik yang jelas dan memasang bio profil yang menarik. Ini saatnya untuk langkah ketiga, yaitu berinteraksi pada postingan akun-akun yang memiliki tema yang serupa dengan tema akunmu.

Berinteraksi artinya bukan hanya sekadar follow atau mengikuti, tapi upayakanlah untuk meninggalkan komentar di postingan terbaru mereka.

Komentar apa saja asalkan sesuai dengan apa yang dibahas di postingan. Lebih baik lagi jika kamu memberikan feedback atau pertanyaan terkait postingan, ini akan mengundang orang lain untuk membalas komentarmu sehingga komentarmu bisa naik ke posisi atas atau biasa disebut dengan istilah ‘top-comment’.

Dengan komentarmu berada di posisi atas, ini akan membuka kesempatan untuk orang-orang mengklik profilmu. Jika mereka suka dengan tema yang kamu bahas, maka kemungkinan besar kamu mendapatkan pengikut baru.

4. Jangan Private Akun Instagram

Tips berikutnya adalah dengan tidak mem-private atau mengunci akun Instagram. Dengan kamu mengunci akun, itu sama saja dengan menghambat kesempatanmu untuk meraih pengikut baru.

Publikasikanlah akun Instagram kamu, umumnya orang-orang akan melihat bio dan isi konten-konten yang kamu posting terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk mengikuti akunmu.
Jika kamu mengunci akun dan menutup diri, maka apa yang akan mereka pertimbangkan untuk mengikutimu?

5. Gunakan Teknik ‘Follow & Unfollow’

Tema akun sudah jelas, bio profil sudah oke, interaksi dan status akun sudah mantap, maka kini saatnya kita mengeluarkan jurus terakhir. Ini adalah sebuah trik yang sangat ampuh untuk menaikkan jumlah followers Instagram secara signifikan.

Sesuai judul diatas, ini adalah trik men-follow orang lain lalu unfollow kembali setelah beberapa waktu. Bukan sembarang mengikuti, tentu saja orang yang kamu ikuti adalah target market yang sesuai dengan tema akunmu.

Bagaimana cara menemukan target market yang sesuai? Cukup simple, kamu hanya harus melihat siapa audiens aktif yang ada di akun yang memiliki tema yang serupa dengan akunmu.

Masih ingat tips nomor 3 sebelumnya, bukan? Nah bedanya disini kamu tidak hanya berinteraksi seperti memberi komentar, namun kamu juga bisa memanfaatkan momentum untuk mengikuti audiens-audiens yang turut memberikan interaksi seperti like dan komentar pada postingan akun lain (akun yang memiliki tema serupa ya!).

Perlu diingat, bisa saja mereka batal mengikutimu saat mereka langsung mengetahui bahwa kamu langsung men-unfollow mereka. Oleh karenanya, jangan langsung di unfollow, tunggulah beberapa waktu sehingga mereka tidak menyadarinya.

Akhir Kata
Itulah tips dan trik cara mendapatkan 1000 followers Instagram pertama. Menentukan tema akun dan memasang bio, berinteraksi dengan akun serupa, hingga teknik ‘follow & unfollow’, kelima cara tersebut sudah terbukti ampuh setelah diterapkan di akun Instagram penulis sendiri.

Jika kamu ingin menambahkan tips lain versimu, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Posting Komentar untuk "5 Langkah Jitu Untuk Mendapatkan 1000 Followers Instagram Pertama"