Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Dan Tips Paling Ampuh Mengatasi Insomnia? Terbukti..!

Ilustrasi insomnia
Ilustrasi Insomnia
「Assalamualaikum」- Halo jo, Kamu pernah ngalamin gak sih saat malam hari, sudah berbaring di kasur dan sudah siap untuk tidur.. tapi pikiranmu malah kemana-mana. Kamu sudah coba ngelakuin banyak hal dengan tujuan supaya badanmu lelah dan bisa tidur, tapi malah gak mempan.

Mau dipaksa merem, tetap aja gak bisa tidur. Akibatnya, kamu jadi memikirkan banyak hal, mulai dari tentang kerjaan.. hal yang terjadi tadi siang.. dan berbagai hal lain yang menjadi pikiranmu.

Pada akhirnya, kamu jadi tidur malam banget, bahkan mungkin aja kamu baru mulai tidur saat sudah menjelang pagi. Dan saat terbangun di keesokan harinya, kamu jadi gak punya energi untuk beraktifitas, bahkan setelah tidur mungkin kamu malah merasa lebih letih dari sebelum tidur.

Ini sebenarnya adalah masalah yang dialami hampir oleh setiap orang, mayoritas dari kita pasti pernah sulit untuk tidur. Dan pastinya banyak banget orang-orang yang ngerasain ini, yang sebenarnya pengen tidur nyenyak, dan bangun dengan badan yang segar. Tapi gimana caranya?

Cara Mengatasi Susah Tidur

Nah, kalau kamu orang yang susah tidur seperti yang sudah kita bahas diatas, kamu berada di artikel yang tepat. Di artikel ini, penulis jokkajo akan membahas tentang masalah sulit tidur beserta cara mengatasinya, agar kamu dapat kembali tidur dengan nyenyak, terinspirasi dari kanal Alodokter. Berikut adalah empat tips yang bisa kamu praktekkan:

1. Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama

Cara yang pertama dan yang paling mendasar adalah tidur dan bangun di waktu yang sama. Biasanya kalau seseorang kurang tidur, orang tersebut cenderung akan mengganti waktu tidurnya di hari berikutnya, atau beberapa dari kamu mungkin mengenalnya dengan istilah ‘hutang tidur’.

Nah, hal seperti diatas jangan dibiasakan ya! Karena dengan seiringnya waktu kamu melakukannya, kamu akan makin susah untuk mengatur jam tidur. Lebih baik buat jadwal tidur dan bangun yang teratur setiap harinya, termasuk di hari libur.

Mungkin di hari biasa kamu memiliki jadwal tidur yang teratur, tidur jam 9 malam dan bangun jam 5 pagi misalnya. Tapi di hari libur, kamu mungkin menghabiskan malam liburmu dengan begadang. Jam berapa kamu tidur saat malam liburan.. jam 11 malam? Jam 12 malam? Bahkan mungkin saat matahari pagi hendak muncul baru kamu tidur.

Percaya deh, ini akan membantu tubuh kamu menjadi terbiasa dengan pola tidur yang konsisten. Selain jadwal, durasi tidur malammu juga perlu diperhatikan ya.. kurang lebih sekitar 7-9 jam setiap harinya.

2. Suasana Tidur yang Nyaman

Bagi kamu yang saat tidur biasanya lampunya dinyalakan, coba deh matikan lampu saat tidur atau paling tidak pakai lampu tidur, agar suasana kamarmu kamu lebih redup dan nyaman untuk tidur.

Selain itu, pastikan suhu kamar kamu tetap sejuk ya! Kamu bisa mengakalinya dengan memasang AC, atau minimal bisa menggunakan kipas angin. Bagi kamu yang memilih untuk memakai kipas angin, perlu diperhatikan arah anginnya, jangan diarahkan langsung ke badan ya!

3. Jangan Main Gadget Sebelum Tidur

Nah loh, siapa yang sebelum tidur suka ngecek gadget-nya? Apakah kamu termasuk tipe orang yang sebelum tidur selalu cek media sosial, suka ngecek apakah ada pesan baru di WhatsApp, atau mungkin selancaran di dunia Youtube?

Jika kamu termasuk tipe orang yang suka lihat gadget sebelum tidur, sebaiknya kebiasaan tersebut dikurangi ya! Sebab, sinar dari alat elektronik seperti gadget bisa mengganggu produksi melantonin, yaitu hormon yang membantu kamu untuk tidur.

4. Batasi Waktu Tidur Siang

Buat yang susah tidur malam, banyak yang jadi bayar hutang tidurnya dengan cara tidur siang. Padahal, tidur siang malah bisa membuat susah tidur malam. Akhirnya gak selesai-selesai kan masalah tidurnya.

Jika kamu memang lelah dan ingin tidur siang, coba terapkan trik yang bernama ‘powernet’. Apa itu powernet?  Jadi durasi tidur siangnya cukup selama 10-20 menit saja, dan tidurnya jangan sampai sore ya.. kamu boleh menerapkan trik ini berkisar antara jam 12 siang hingga 3 sore.

Kamu yang sering tidur siang cukup lama bisa dipastikan adalah orang yang sering insom pada saat malam harinya, karena rasa ngantuk telah terobati di siang hari. Cobalah untuk menahan rasa ngantuk saat siang hari, hal ini terbukti ampuh mengurangi insomnia.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi 4 tips untuk mengatasi gangguan susah tidur. Setelahnya, diharapkan kamu dapat kembali tidur nyenyak malam ini ya! Jika kamu punya tips versimu, silahkan tuangkan di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

•••
Baca artikel menarik lainnya dari penulis kontribusi yang ditandai dengan label Kontribusi, daftar label bisa kamu scroll lebih ke bawah lagi.

Ikuti blog saya dan jadi pembaca setia dengan mengisi formulir dibawah artikel, masukkan email aktif da klik tombol Berlangganan, lalu konfirmasi email yang dikirimkan.  
Saya juga pakai instagram loh.. @Jokkajo_

Posting Komentar untuk "Cara Dan Tips Paling Ampuh Mengatasi Insomnia? Terbukti..!"