Ada yang baru nih... !Klik Disini

Gabung Grup WHATSAPP Bahasa JepangGabung

Tata Krama Jepang Saat Makan

Tata krama jepang saat makan, sopan santun jepang, budaya jepang
Photo by pixabay.com


Terdapat tata krama yang secara turun temurun diajarkan kepada generasi Jepang, terbilang sangat unik karena hal tersebut sangat berbeda dengan masyarakat Indonesia. Adapun beberapa table manner yang dilakukan adalah:

1. Makan dengan menggunakan mangkok dan menganggkatnya sampai di dekat mulut. Jika makan tidak melakukan hal serupa maka dianggap oleh masyarakat jepang tidak sopan dan seperti Anjing.


2.Jika menempatkan sumpit secara tegak di atas mangkok yang sudah berisi nasi, masyarakat Jepang menganggap bahwa makanan tersebut dipersembahkan bagi orang yang telah meninggal.


3. Menyeruput kuah makanan sampai terdengar slurp, hal tersebut merupakan bentuk pujian bagi masakan yang sangat enak.


4. Untuk makan sushi yaitu salah satu makanan khas Jepang yang benar adalah dengan mencelupkan ke dalam saus pada bagian yang terbuat dari nasi terlebih dahulu.


Orang Jepang biasanya memulai makan dengan mengucapkan ‘itadakimasu’ dan mengakhirinya dengan ucapan ‘gochisousamadeshita’ sambil menangkupkan kedua tangan di depan dada.


Ucapan ‘itadakimasu’ ini sebagai bentuk terima kasih kepada orang-orang yang berjasa telah membuat hidangan hingga siap dimakan. Hampir sama dengan ‘itadakimasu’, ucapan ‘gochisousamadeshita’ juga bermakna sebagai ungkapan terima kasih atau lebih tepatnya ungkapan syukur yang diucapkan pada penutup acara makan.


Baca ini :
[Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••