Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Siapa Sangka Limbah Akar Pohon Jati Bisa Laku Jutaan Rupiah, [Hoax] (?)

Foto : Rak Display (Kerajinan Gaul Production, Bantul, Yogyakarta)

「Assalamualaikum」- Hai jo, sering kan melihat limbah kayu? 
Limbah kayu terkadang bagi sebagian orang adalah benda yang tidak layak lagi untuk digunakan dan pada akhirnya hanya menjadi kayu bakar untuk memasak, apalagi bagian akarnya yang jika pohonya ditebang akan dibiarkan membusuk dibawah tanah.  Siapa juga yang mau capek menggali limbah akar pohon yang sudah ditebang dan diambil bagian batangnya, sekalipun digali paling hanya untuk membersihkan lahan agar bisa digunakan untuk bercocok tanam.

Dari sekian banyak pohon yang menjadi pilihan untuk diambil kayunya dan paling sering ditemukan adalah pohon jati dengan nama latin Tectona Grandis.

Pohon Jati dikenal sebagai bahan kayu yang cukup bagus untuk dijadikan perabotan berupa kursi, meja, lemari dan perabotan lainnya. Kayu yang awet dan memiliki serat artistik tersebut tidak hanya bagian batangnya yang memiliki nilai jual tinggi, akan tetapi ditangan para pengrajin yang pandai limbah akar jati pun bisa disulap menjadi perabotan yang memiliki nilai jual tinggi.

Bangkai akar pohon jati bisa didapatkan dari kawasan perhutanan rakyat, hutan yang dikelola swasta atau perkebunan masyarakat yang ditanami pohon jati, kisaran harga bahan baku sekitar Rp. 200.000 - Rp. 500.000 tergantung ukuran dan bentuk akarnya.

Akar pohon jati yang digali dan dikeringkan sampai kadar air didalamnya berkurang, kulit kayu yang sudah kering pun akan mudah terkelupas.

Kemudian akar pohon jati dibersihkan dengan air untuk menghilangkan sisa tanah yang masih menempel di sela-sela akar dan juga menghilangkan bagian yang sudah rapuh atau busuk.

Setelah dikeringkan akar pohon jati di bersihkan dengan sikat besi agar sisa kulit dilapisan dalam bisa terkelupas dan serat kayu bersih dan terlihat jelas. Kayu kemudian di ampelas agar permukaan kayu menjadi halus dan tidak lancip.

Setelah bahan baku akar pohon jati siap, maka barulah dimulai menggabungkan bagian akar dengan potongan lainnya menjadi bentuk yang diinginkan, semisal akan membuat rak display maka perlu disusun menjadi bentuk agak memanjang veritkal agar bisa ditambahkan tatakan seperti dibawah ini.


Harga benda produksi semacam ini dihargai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah tergantung kerumitan bentuk yang dihasilkan dan ukuran tentunya.
Foto : Screenshot Pencarian Google
Akar pohon jati yang diukir menjadi lukisan atau bentuk lain bisa mencapai puluhan juta, pasaran kerajinan semacam ini selain dijual untuk kebutuhan domestik juga menjadi barang ekspor ke negara-negara di Eropa.

Barang yang terlihat tidak dapat digunakan akan memiliki nilai jual tinggi jika diolah dengan benar, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.


Posting Komentar untuk "Siapa Sangka Limbah Akar Pohon Jati Bisa Laku Jutaan Rupiah, [Hoax] (?)"