Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenapa Jadi Penulis Blog? Butuh Uang Atau Sekedar Hobi?

Menulis

「Assalamualaikum」- Halo jo, kamu juga pasti bertanya kenapa Jokka Jo jadi penulis blog? Apakah ada desakkan kebutuhan uang atau sekedar melampiaskan hobi? Sebenarnya pertanyaan itu sudah saya tanyakan kepada diri saya sendiri. Kenapa saya jadi penulis blog dan untuk apa?

Pada tulisan sebelumnya yang berjudul 'Temukan dan kembangkan kemampuan dalam diri sedini mungkin, sebelum menyesal' saya sudah menyebutkan beberapa hal yang menjadi kepayahan dalam diri saya, oleh karena kepayahan itulah saya masih tetap yakin bahwa ada sisi lain dalam diri yang harus saya temukan dan dikembangkan menjadi lebih baik.

Lalu apakah itu? Saya sejak masa kuliah di tahun ke dua mulai berpikir bahwa kemampuan saya menulis perlu dipertimbangan untuk dikembangkan. Lalu disamping punya keinginan saya pun hobi membagikan sesuatu hal dalam bentuk tulisan dan dibagikan kepada orang lain untuk dibaca.

Nah untuk dapat dibaca oleh banyak orang pastinya harus disebarkan, kemajuan zaman memberikan ruang yang cukup luas untuk membagikan banyak hal lewat kecanggihan internet. Blog salah satu perangkat yang tersedia di Internet menjadi media saya untuk menyebarluaskan tulisan.

Kenapa Jadi Penulis Blog?

Menulis di blog pada dasarnya dan awalnya adalah melampiaskan hobi menulis, segala hal ingin saya bagikan lewat tulisan walau sadar bahwa minat baca masyarakat masa kini sangat rendah.

Apalagi membaca tulisan blog yang sering dianggap ketinggalan zaman, dibanding platform lain seperti Youtube sebagai jejaring berbagi video, atau Instagram dengan berbagai macam fitur trendy nya.

Menurut saya menulis di blog lebih praktis jika harus menulis untuk pembuatan sebuah buku, novel, majalah atau karya tulis dalam bentuk cetak lainnya.

Praktis yang saya maksud ialah, biaya yang dibutuhkan tidak begitu mahal. Untuk mempublikasikan satu karya tulis di blog tidak harus melaporkan kepada pihak tertentu atau meminta untuk direvisi sedemikian rupa hingga kemurnian karya menjadi hilang.

Lalu untuk menulis di blog saya tidak dibatasi dengan kaidah penulisan, penggunaan bahasa dan tema tulisan yang ingin dibuat.

Penyesuaian dengan etika penulisan blog untuk pertama kali pasti akan kaget, tidak diharuskan menggunakan bahasa baku layaknya karya tulis ilmiah Skripsi, Tesis dan Disertasi. Lebih luwes dan santai menjadi alasan saya betah atau 'kerasan' (bahasa jawa) untuk membuat tulisan sebanyak-banyaknya di Blog.

Tidak ada keterpaksaan untuk memenuhi target, semampu dan sesuka hati untuk mengupdate tulisan di blog. Saya sendiri tidak membebani diri sendiri untuk mencapai target misal dalam 1 pekan (7 hari) harus bisa membuat 10 artikel.

Apakah nge-blog dapat uang?

Sebelum membahas uang kamu harus baca dulu tulisan saya tentang Blog Lulus Adsense Google, karena dengan membacanya akan paham bagaimana seorang blogger menempuh proses untuk dapat menerima bayaran dari tulisannya.

Lalu harus menunggu Surat Adsense dikirimkan untuk verifikasi alamat, dengan begitu pembayaran akan segera dilakukan jika sudah memenuhi ambang batas pembayaran yakni 100$.

Pada intinya jika menerima penghasilan tambahan dari hobi adalah sebuah nikmat yang begitu indah, karena kita menjalani hobi yang dibayar. Kapan lagi melampiaskn hobi justru diberikan income di luar income utama.

Pepatah populer mengatakan 'Banyak jalan menuju roma' yang mengisyaratkan bahwa akan banyak peluang yang bisa ditempuh untuk melakukan sesuatu, akan ada semua kemungkinan yang akan mempermudahnya. Tapi sebagian orang lupa dengan kelanjutan pepatah tersebut bahwa 'Roma tidak dibangun dalam semalam', untuk dapat mewujudkan sesuatu hal dibutuhkan proses yang tidak singkat.

Akhirnya, menulis di blog bukan untuk mendapatkan uang, karena menerima bayaran atas tulisan tidak sebesar yang dipikirkan oleh orang yang belum merasakannya. Saya pribadi berusaha meluruskan niat untuk membagikan hal-hal bermanfaat sebagai perwujudan hobi, jika mendapat bayaran maka itulah sebuah reward atas apa yang telah dilakukan.

○○○

Terima kasih sudah membaca di blog JokkaJo.Com, silahkah tinggalkan komentar sebagai bahan bahasan di kolom komentar. Ikuti semua tulisan terbaru dengan mengisi email aktif di form dibawah tulisan ini jika menggunakan HP, dan ada di samping kanan jika menggunakan PC.



Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

Posting Komentar untuk "Kenapa Jadi Penulis Blog? Butuh Uang Atau Sekedar Hobi? "

jokkajo