Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Makanan Jepang Yang Aneh Di Lidah Orang Indonesia

 Assalamualaikum

Jo.. Konnichiwa


Jepang sebagai salah satu Negara Asia yang memiliki ciri khas makanannya menjadi alasan orang-orang dari belahan dunia lain untuk datang berkunjung ke negeri dengan julukan 'Negara matahari terbit' tersebut.

Konkaiwa saya mau bahas tentang makanan jepang yang kurang cocok dengan lidah orang Indonesia, dari berbagai jenis makanan jepang tentunya ada makanan yang sedikit kurang pas dengan cita rasa yang sering ditemui oleh lidah masyarakat Indo.

1. Sashimi

Daging Ikan Mentah

Sashimi tentu tidak asing di telinga kita kan, makanan yang basicnya adalah makanan atau daging mentah yang umumnya menggunakan daging ikan. Soal rasa bisa dibayangkan gimana rasanya ikan mentah yang dimakan dengan tambahan kecap asin, parutan jahe, wasabi/parutan kubis jepang atau saus cocol, aroma ikan yang amis pasti akan terbayang dan itu sedikit menggelitik bagi lidah orang Indonesia.

Tidak hanya ikan, terkadang kerang dan udang pun dijadikan sashimi dengan irisan kecil yang mudah dimakan. Bagi yang pertama kali makan sashimi mungkin akan sulit untuk menelannya karena tidak terbiasa dengan makanan mentah dan bau amisnya.
Kalian yang penasaran boleh coba beli ikan segar di pasar atau supermarket terdekat, terus di iris tipis atau sesuka kalian ukurannya. Dimakan dengan di cocol kecap asin atau saus pedas, makan sambil merem biar lebih mantap.

2. Shirako

Sperma Ikan Cod

Shirako adalah makanan khas jepang yang berbahan dasar Sperma ikan Cod, tekstur yang lembut seperti kuning telur namun agak kenyal atau bahkan seperti tekstur puding yang lembut.

Warnanya yang putih dan agak sedikit buram serta terlihat merah muda sesuai dengan penyebutan makanan ini, shirako atau berarti "anak-anak kulit putih" sangat digemari di Jepang. Bagi yang pertama kali mencicipinya pasti akan merasakan mual ketika memakannya, namun masyarakat Jepang akan menyarankan untuk dimakan selayaknya tempura atau gorengan yang dibalut tepung.

Masyarakat Jepang percaya bahwa kandungan  dari sperma ikan dapat menghambat penuaan dini, jadi kalian yang tidak ingin terlihat tua bisa nih nyobain makanan jepang yang satu ini. Tapi pastinya ini akan sangat bertentangan dengan cita rasa makanan Indonesia.

3. Shiokara

Fermentasi Hewan Laut

Shiokara atau jika diartikan shio (garam) dan kara (berasal/dari) maka bisa ditebak bagaimana rasa dari shiokara. Shiokara sendiri adalah makanan khas jepang yang terbuat dari fermentasi hewan laut dengan larutan garam yang pekat.

Fermentasi dengan tambahan garam 10% dan kecambah beras 30% yang dimasukan kedalam wadah kedap udara selama lebih kurang 1 bulan. Hasil dari fermentasi ini menghasilkan aroma yang sangat menyengat, bahkan orang jepang sekalipun tidak semua bisa makan makanan ini.

Shiokara dimakan dengan sekali telan dan diikuti dengan minuman yang dapat menetralisir rasa dan aroma, namun bisa dinikmati dengan nasi hangat tentunya.

4. Natto

Fermentasi Kedelai Yang Lengket dan Beraroma Khas

Natto, sama halnya dengan shiokara yang dibuat dengan cara fermentasi. Jika shiokara terbuat dari hewan laut, maka Natto terbuat dari biji kedelai yang difermentasi hingga mengeluarkan lendir.

Natto sendiri tercipta secara tidak sengaja yakni karena adanya perang di Jepang sekitar tahun 1500-an, setelah perang berakhir mereka baru menyadari persediaan kedelai yang tersimpan telah membusuk dan memiliki tekstur berlendir dan lengket. Desakan ketersediaan bahan makanan yang menipis sehingga memaksa orang Jepang untuk memakan kedelai yang telah membusuk tersebut, siapa sangka ternyata rasanya enak disukai oleh orang-orang Jepang hingga saat ini.
Natto sering disajikan sebagai sarapan pagi dan dimakan dengan nasi, natto memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi.

Berdasarkan pengalaman orang luar jepang bahwa makanan ini sangat  tidak sesuai dengan lidah orang Indonesia, tekstur yang berlendir serta aroma khas yang menyengat tentu akan menghilangkan nafsu makan kita.

5. Hachinoko

Larva Lebah Yang Digoreng

Hachinoko atau berarti 'anak lebah' adalah makanan cemilan di Jepang yang terbuat dari larva serangga
Hachinoko yang dimasak dengan cara di goreng atau di kukus sangat digemari di jepang, rasanya yang katanya manis dan memiliki kandungan gizi yang tinggi menjadi alasan makanan ini selalu dikonsumsi.

Nah bagaimana dengan orang Indonesia?, Apakah bersedia makan tawon goreng atau lebah madu yang masih berbentuk larva? Silahkan mencoba dirumah ya.. tapi hati-hati disengat lebah.

Jadi itu 5 makanan jepang yang populer di Negeri matahari terbit namun memberikan kesan rasa yang cukup ekstrim bagi orang Indonesia.

Jaa owari desu

Jokka Jo
Jokka Jo [Saya penulis pemula dari Sulawesi-Indonesia yang bermimpi dapat menebar manfaat lewat tulisan]- [Tetap sehat dan jangan gila]•• [Berbagilah untuk hidup, hiduplah untuk berbagi]••

2 komentar untuk "5 Makanan Jepang Yang Aneh Di Lidah Orang Indonesia"

  1. Jangankan makan, dengar jepang aja sudah takut untuk beli, btw template blogger nya mantap mas.

    BalasHapus
  2. Jadi pengen nyicip nih

    BalasHapus
jokkajo